DETIK-DETIK KEMATIAN SOEKARNO


Jakarta, Selasa, 16 Juni 1970. Ruangan intensive care RSPAD Gatot Subroto dipenuhi tentara sejak pagi. Serdadu berseragam dan bersenjata lengkap bersiaga penuh di beberapa titik strategis rumah sakit tersebut. Tak kalah banyaknya, petugas keamanan berpakaian preman juga hilir mudik di koridor rumah sakit hingga pelataran parkir.

Sedari pagi, suasana mencekam sudah terasa. Kabar yang berhembus mengatakan, mantan Presiden Soekarno akan dibawa ke rumah sakit ini dari rumah tahanannya di Wisma Yaso yang hanya berjarak lima kilometer.

Malam ini desas-desus itu terbukti. Di dalam ruang perawatan yang sangat sederhana untuk ukuran seorang mantan presiden, Soekarno tergolek lemah di pembaringan. Sudah beberapa hari ini kesehatannya sangat mundur. Sepanjang hari, orang yang dulu pernah sangat berkuasa ini terus memejamkan mata. Suhu tubuhnya sangat tinggi. Penyakit ginjal yang tidak dirawat secara semestinya kian menggerogoti kekuatan tubuhnya.

Lelaki yang pernah amat jantan dan berwibawa, dan sebab itu banyak digila-gilai perempuan seantero jagad, sekarang tak ubahnya bagai sesosok mayat hidup. Tiada lagi wajah gantengnya. Kini wajah yang dihiasi gigi gingsulnya telah membengkak, tanda bahwa racun telah menyebar ke mana-mana. Bukan hanya bengkak, tapi bolong-bolong bagaikan permukaan bulan. Mulutnya yang dahulu mampu menyihir jutaan massa dengan pidato-pidatonya yang sangat memukau, kini hanya terkatup rapat dan kering. Sebentar-sebentar bibirnya gemetar. Menahan sakit. Kedua tangannya yang dahulu sanggup meninju langit dan mencakar udara, kini tergolek lemas di sisi tubuhnya yang kian kurus.

Sang Putera Fajar tinggal menunggu waktu

Dua hari kemudian, Megawati, anak sulungnya dari Fatmawati diizinkan tentara untuk mengunjungi ayahnya. Menyaksikan ayahnya yang tergolek lemah dan tidak mampu membuka matanya, kedua mata Mega menitikkan airmata. Bibirnya secara perlahan didekatkan ke telinga manusia yang paling dicintainya ini.

“Pak, Pak, ini Ega…”
(Senyap)

Ayahnya tak bergerak. Kedua matanya juga tidak membuka. Namun kedua bibir Soekarno yang telah pecah-pecah bergerak-gerak kecil, gemetar, seolah ingin mengatakan sesuatu pada puteri sulungnya itu. Soekarno tampak mengetahui kehadiran Megawati. Tapi dia tidak mampu membuka matanya. Tangan kanannya bergetar seolah ingin menuliskan sesuatu untuk puteri sulungnya, tapi tubuhnya terlampau lemah untuk sekadar menulis. Tangannya kembali terkulai. Soekarno terdiam lagi.

Melihat kenyataan itu, perasaan Megawati amat terpukul. Air matanya yang sedari tadi ditahan kini menitik jatuh. Kian deras. Perempuan muda itu menutupi hidungnya dengan sapu tangan. Tak kuat menerima kenyataan, Megawati menjauh dan limbung. Mega segera dipapah keluar.

Jarum jam terus bergerak. Di luar kamar, sepasukan tentara terus berjaga lengkap dengan senjata.

Malam harinya ketahanan tubuh seorang Soekarno ambrol. Dia koma. Antara hidup dan mati. Tim dokter segera memberikan bantuan seperlunya.

Keesokan hari, mantan wakil presiden Muhammad Hatta diizinkan mengunjungi kolega lamanya ini. Hatta yang ditemani sekretarisnya menghampiri pembaringan Soekarno dengan sangat hati-hati. Dengan segenap kekuatan yang berhasil dihimpunnya, Soekarno berhasil membuka matanya. Menahan rasa sakit yang tak terperi, Soekarno berkata lemah.

“Hatta.., kau di sini..?”

Yang disapa tidak bisa menyembunyikan kesedihannya. Namun Hatta tidak mau kawannya ini mengetahui jika dirinya bersedih. Dengan sekuat tenaga memendam kepedihan yang mencabik hati, Hatta berusaha menjawab Soekarno dengan wajar. Sedikit tersenyum menghibur.

“Ya, bagaimana keadaanmu, No ?”

Hatta menyapanya dengan sebutan yang digunakannya di masa lalu. Tangannya memegang lembut tangan Soekarno. Panasnya menjalari jemarinya. Dia ingin memberikan kekuatan pada orang yang sangat dihormatinya ini.

Bibir Soekarno bergetar, tiba-tiba, masih dengan lemah, dia balik bertanya dengan bahasa Belanda. Sesuatu yang biasa mereka berdua lakukan ketika mereka masih bersatu dalam Dwi Tunggal. “Hoe gaat het met jou…?” Bagaimana keadaanmu?

Hatta memaksakan diri tersenyum. Tangannya masih memegang lengan Soekarno.

Soekarno kemudian terisak bagai anak kecil. Lelaki perkasa itu menangis di depan kawan seperjuangannya, bagai bayi yang kehilangan mainan. Hatta tidak lagi mampu mengendalikan perasaannya. Pertahanannya bobol. Airmatanya juga tumpah. Hatta ikut menangis.

Kedua teman lama yang sempat berpisah itu saling berpegangan tangan seolah takut berpisah. Hatta tahu, waktu yang tersedia bagi orang yang sangat dikaguminya ini tidak akan lama lagi. Dan Hatta juga tahu, betapa kejamnya siksaan tanpa pukulan yang dialami sahabatnya ini. Sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh manusia yang tidak punya nurani.

“No…” Hanya itu yang bisa terucap dari bibirnya. Hatta tidak mampu mengucapkan lebih. Bibirnya bergetar menahan kesedihan sekaligus kekecewaannya. Bahunya terguncang-guncang.

Jauh di lubuk hatinya, Hatta sangat marah pada penguasa baru yang sampai hati menyiksa bapak bangsa ini. Walau prinsip politik antara dirinya dengan Soekarno tidak bersesuaian, namun hal itu sama sekali tidak merusak persabatannya yang demikian erat dan tulus.

Hatta masih memegang lengan Soekarno ketika kawannya ini kembali memejamkan matanya.

Jarum jam terus bergerak. Merambati angka demi angka.
Sisa waktu bagi Soekarno kian tipis.

Sehari setelah pertemuan dengan Hatta, kondisi Soekarno yang sudah buruk, terus merosot. Putera Sang Fajar itu tidak mampu lagi membuka kedua matanya. Suhu badannya terus meninggi. Soekarno kini menggigil. Peluh membasahi bantal dan piyamanya. Malamnya Dewi Soekarno dan puterinya yang masih berusia tiga tahun, Karina, hadir di rumah sakit. Soekarno belum pernah sekali pun melihat anaknya.

Minggu pagi, 21 Juni 1970. Dokter Mardjono, salah seorang anggota tim dokter kepresidenan seperti biasa melakukan pemeriksaan rutin. Bersama dua orang paramedis, Dokter Mardjono memeriksa kondisi pasien istimewanya ini. Sebagai seorang dokter yang telah berpengalaman, Mardjono tahu waktunya tidak akan lama lagi.

Dengan sangat hati-hati dan penuh hormat, dia memeriksa denyut nadi Soekarno. Dengan sisa kekuatan yang masih ada, Soekarno menggerakkan tangan kanannya, memegang lengan dokternya. Mardjono merasakan panas yang demikian tinggi dari tangan yang amat lemah ini. Tiba-tiba tangan yang panas itu terkulai. Detik itu juga Soekarno menghembuskan nafas terakhirnya. Kedua matanya tidak pernah mampu lagi untuk membuka.

Tubuhnya tergolek tak bergerak lagi. Kini untuk selamanya.

Situasi di sekitar ruangan sangat sepi. Udara sesaat terasa berhenti mengalir. Suara burung yang biasa berkicau tiada terdengar. Kehampaan sepersekian detik yang begitu mencekam. Sekaligus menyedihkan.

Dunia melepas salah seorang pembuat sejarah yang penuh kontroversi. Banyak orang menyayanginya, tapi banyak pula yang membencinya. Namun semua sepakat, Soekarno adalah seorang manusia yang tidak biasa. Yang belum tentu dilahirkan kembali dalam waktu satu abad. Manusia itu kini telah tiada.

Dokter Mardjono segera memanggil seluruh rekannya, sesama tim dokter kepresidenan. Tak lama kemudian mereka mengeluarkan pernyataan resmi: Soekarno telah meninggal.

Kini telah tiada lagi manusia yang bisa membuat dunia terdiam dengan perkataannya, tidak ada lagi singa yang sangat ganas. Betapa kejamnya siksaan tanpa pukulan yang dialami Soekarno. Terima kasih wahai Bung Karno karena telah membuat rakyat indonesia dapat terbebas dari penjajahan yang amat pedih. Jasamu tak akan pernah dilupakan. Dan terima kasih Allah karena engkau telah menciptakan manusia terhebat di negara kami. Selamat jalan wahai Singa Mimbar.

Semoga ALLAH mengampuni dosa beliau, melapangkan kuburnya, dan mudah-mudahan ada generasi penerus bangsa yang bisa menampilkan sosok Soekarno, dan bahkan lebih baik darinya. Aamiin

Bikin Masker Kentang Yuk, Banyak Manfaat Untuk Kulit



Ladies, apakah Anda memiliki masalah dengan kulit? Misalnya kulit yang mulai belang, kusam, menua, berjerawat, bahkan ada lingkaran hitam yang mengganggu di mata.

Ada cara yang lebih mudah untuk mengatasinya, dengan bahan alami dari dapur, kentang. Sejak jaman dulu, kentang tak hanya bisa dikonsumsi sebagai makanan. namun sudah dipercaya oleh banyak orang untuk menyehatkan kulit. Nah, kalau Anda ingin membuat kulit Anda lebih cantik lagi, coba deh perawatan dengan masker kentang.

Mengurangi Lingkaran Hitam di Mata
Parutan kentang dimasukkan ke dalam kain kasa steril, kemudian kompres pada mata selama 10-15 menit. Setelahnya, bilas dengan air hangat. Bahan catecholase pada kentang sangat bermanfaat untuk mengurangi kehitaman pada area mata sehingga mata Anda nampak lebih segar.

Mengurangi Penuaan Dini
Parut kentang sebanyak 3 sdm, kemudian campurkan dengan cuka apel. Masker ini bisa digunakan selama 15-20 menit agar wajah Anda lebih lembab dan lembut kembali. Bilas dengan air hangat kuku.

Mencerahkan Wajah
Parut 1 kentang besar dan beri sedikit perasan lemon dan madu. Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun. Masukkan ke dalam kain kasa dan buat seperti buntalan. Gosokkan pada wajah hingga rata. Gunakan selama 15-20 menit dan kemudian bilas dengan air hangat kuku. Kulit Anda bisa kembali cerah setelah penggunaan teratur.

Mudah dan murah kan mau tampil lebih cantik alami? Semoga tips di atas bisa membuat aura kecantikan alami Anda lebih terpancar.

TIPS AGAR TIDAK KRAM SAAT HAID



Sebenarnya nyeri dan kram saat haid itu normal terjadi. Tetapi kalau dibiarkan terus menerus menjajah Anda sendiri yang merasa rugi. Apalagi jika besok adalah hari penting bagi Anda, rasanya jadi tidak tenang apabila kram ini mengganggu.

Nyeri dan kram saat haid secara medis dipengaruhi oleh beragam faktor. Yang paling umum adalah ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh wanita. Ketika jumlah hormon estrogen lebih banyak, maka nyeri ini yang akan mengganggu seluruh hari Anda.

Cara apa yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi nyeri dan kram saat menstruasi ini?

Minum obat anti nyeri haid
Cara yang paling instant dan mudah adalah mengonsumsi obat anti nyeri haid. Beberapa merk di pasaran dijual bebas dan boleh dikonsumsi saat nyeri atau kram benar-benar mengganggu kegiatan Anda.

Dalam beberapa waktu, obat ini akan bereaksi dan meredakan nyerinya seketika, sehingga Anda bisa bebas beraktivitas seperti tak terjadi apa-apa.

Batasi kafein
Lebih baik hindari dulu minuman atau makanan yang mengandung kafein, seperti kopi, teh ataupun minuman soda. Kandungan kafein membuat kram pada perut terasa semakin hebat.

Minum air putih
Cukupilah kebutuhan minum air putih agar liver bekerja dengan baik. Kerja liver ini akan mempengaruhi jumlah estrogen agar tetap seimbang.

Kompres dengan air hangat
Pastikan bila sakitnya sangat mengganggu, kompres saja dengan air hangat sehingga nyerinya bisa diringankan. Air hangat akan merelakskan otot-otot pada perut sehingga sakitnya lebih ringan.

Asupan serat

Perbanyak menu makanan berserat sehingga hormon di dalam tubuh jadi seimbang jumlahnya. Serat ini bisa Anda peroleh melalui sayur-sayuran dan buah-buahan hijau.

Berolahraga
Cara yang bisa mencegah sekaligus mengobati nyeri dan kram saat haid adalah dengan berolahraga. Olahraga akan membuat metabolisme menjadi lebih baik, hormon-hormon di dalam tubuh jadi lebih seimbang. Selain itu, olahraga juga membuat berat badan Anda tetap terjaga ideal.

Minum kunyi asem
kupas dan cuci kunyit lalu potong tipis2 kmudian seduh denngan air panas.tmbhkn madu atau asam dan gula jawa minum hangat2.

Penyebab Nyeri Pada Payudara Wanita



Kanker rahim dan kanker payudara merupakan dua penyakit yang sangat ditakuti oleh kaum wanita. Sehingga tak sedikit wanita yang khawatir jika pada bagian dada-nya terasa nyeri atau sakit. Tapi tak semua rasa sakit dan nyeri tersebut sebagai indikasi dari kanker payudara.

Dilansir dari Blodsky, rasa nyeri atau sakit pada payudara membuat seorang wanita merasa tak nyaman dan khawatir. Berikut beberapa penyebab rasa nyeri pada bagian payudara:

Retensi Air
Beberapa wanita mengalami rasa sakit pada bagian dada-nya karena retensi air, hal itu tak ada hubungannya dengan siklus menstruasi. Sedangkan pengamatan yang telah dilakukan peneliti untuk mengetahui apakah rasa sakit disebabkan karena faktor lingkungan atau nutrisi. Tetapi belum ada bukti jelas ditemukan penyebabnya.

Payudara Fibrokistik
Lebih dari setengah perempuan akan mengalami perubahan payudara fibrokistik pada beberapa bagian payudara, dan salah satu penyebab utama dari nyeri payudara. Sangat normal memang mengalami payudara fibrokistik, tetapi mereka menyebabkan rasa sakit pada payudara dan bagian luar dada. Lakukanlah perawatan diri sendiri untuk meringankan rasa sakit.

Kista Payudara
Kista di payudara dapat membuat kamu merasa seperti ada benjolan kecil atau berisi cairan yang berbahaya. Kista payudara yang dianggap jinak adalah masalah yang paling umum di kalangan wanita sebelum menopause, dan biasanya terjadi antara usia 35 dan 40 tahun. Sementara, untuk beberapa orang, kista payudara dapat menjadi tidak nyaman dan menyakitkan.

Costochondritis
Costochondroitis merupakan jenis peradangan pada persimpangan tulang rusuk ke tulang dada. Costochondritis menyebabkan nyeri kurang lebih pada sekitar tulang dada dan tulang rusuk. Selain itu, rasa sakit dapat berkisar dari ringan sampai sangat menyakitkan.

Perubahan Hormonal
Beberapa wanita khawatir ketika mengalami nyeri di payudara mereka, padahal hal tersebut mungkin saja normal dan disebabkan kegelisahan akibat perubahan hormonal. Beberapa jenis perubahan hormonal adalah menopause, menstruasi, dan sindrom pramenstruasi, kehamilan dan pubertas. Hati-hati ya ladies

8 Kebiasaan Baik yang Buat Anda Jarang Sakit



Pernah dengar istilah 'sehat itu mahal'? Menjadi sehat sebenarnya bukan sesuatu yang sulit didapatkan apabila Anda terbiasa menjalani gaya hidup yang baik. Membiasakan mencuci tangan sebelum makan misalnya, hanya perlu waktu tak lebih dari 60 detik untuk melakukannya. Ini kebiasaan baik lainnya yang akan membantu Anda mendapatkan kesehatan optimal.

1. Melepas Sepatu Sebelum Masuk Rumah
Melepas sepatu sebelum melewati pintu akan mencegah kotoran, debu, zat kimia dan penyebab alergi masuk ke dalam rumah. Kebiasaan ini merupakan cara yang praktis untuk menjaga rumah tetap bersih dan bebas dari polutan.

2. Menutup Hidung dengan Lengan Saat Bersin
Ketika tidak punya tisu atau sapu tangan untuk menutupi mulut dan hidung saat bersin atau batuk, gunakan bagian dalam siku atau lengan. Tujuannya untuk menghindari Anda memakai telapak tangan, yang bisa dengan mudah menyebarkan kuman. Cara ini juga mencegah kuman atau kuman dari mulut tersebar ke udara, yang bisa mendarat di permukaan benda lalu tersentuh dan menginfeksi orang lain.

3. Istirahatkan Mata
Banyak karyawan dan mahasiswa yang menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar komputer setiap harinya. Cahaya komputer, postur tubuh membungkuk dan penerangan yang minim bisa membuat mata tegang dan sakit kepala. Untuk melindungi mata, lakukan aturan '20-20-20'.

Setiap 20 menit sekali, alihkan mata dari layar komputer selama 20 detik dengan melihat benda yang berjarak 20 meter dari tempat Anda duduk. Sempatkan waktu untuk berdiri, angkat kedua tangan ke atas dan regangkan tubuh untuk melancarkan aliran darah agar tubuh lebih segar.

4. Mengoleskan Tabir Surya
Mengoleskan krim/lotion tabir surya dengan minimal 30 SPF tiap hari, tidak hanya mencegah kulit menggelap tapi juga memperlambat tanda-tanda penuaan kulit dan mengurangi risiko kanker kulit. Saat terik matahari maupun mendung, pakai tabir surya setiap hari saat keluar rumah adalah keharusan.

5. Minum Air Putih
Minum air putih sedikitnya delapan gelas sehari itu harus, dan bisa bertambah jika Anda banyak beraktivitas fisik. Tubuh terdiri dari 60 persen air. Fungsi cairan tubuh adalah menjaga kesehatan pencernaan, membantu penyerapan nutrisi, melancarkan sirkulasi darah, memproduksi air liur, mengalirkan nutrisi dan menjaga temperatur tubuh. Minum cukup air juga mencegah sembelit.

6. Memanaskan Spons Cuci Piring
Sejumlah studi menunjukkan, spons cuci piring adalah benda paling banyak menyimpan kuman di rumah. Spons setiap hari digunakan untuk membersihkan sisa makanan, lemak dan kotoran di dapur. Tekstur spons yang berongga dan lembab menjadikannya tempat favorit bagi bakteri, kuman dan jamur berkumpul.

Untuk mematikan kuman, panaskan spons di dalam microwave. Basahi terlebih dahulu dengan air, lalu masukkan dalam microwave dan panaskan selama 45 detik. Lakukan secara rutin setiap sore hari, setelah aktivitas di dapur selesai.

7. Hitung Sampai 20 Ketika Marah
Saat emosi memuncak, hitung sampai 20 sambil ambil napas dalam-dalam secara perlahan di setiap sela-sela hitungan. Teknik sederhana ini bisa mengurangi kemarahan dan menenangkan syaraf-syaraf Anda.

Menghitung akan mengalihkan pikiran, memberi Anda waktu untuk meredam emosi dari situasi yang tegang. Jika rasa marah itu masih ada, teruskan menghitung dan tarik napas dalam sampai Anda lebih tenang dan terkontrol.

8. Menyikat Lidah
Saat gosok gigi, jangan lupa juga menyikat lidah. Membersihkan lidah adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan mulut. Penelitian menunjukkan, penyakit gusi dan gigi tidak hanya mengancam kesehatan mulut tapi juga keseluruhan tubuh.

Pangkal lidah merupakan tempat bersarangnya bakteri dan kuman yang menimbulkan bau mulut tak sedap. Setelah gosok gigi, sikatlah permukaan lidah dari belakang mengarah ke depan menggunakan sikat gigi atau pembersih lidah. Lakukan sehari sekali untuk menyingkirkan bakteri dan sisa makanan yang tertinggal di lidah.

TIPS MERAWAT PAYUDARA TETAP INDAH DAN KENCANG



Payudara merupakan salah satu anggota tubuh cewek yang harus mendapat perhatian khusus agar bisa berfungsi secara optimal baik secara biologis (menyusui) maupun estetika (tetap indah dan kencang). Payudara yang indah dan sehat terlihat padat berisi dan montok tentunya. Pertumbuhan payudara sangat dipengaruhi oleh faktor hormonal, gizi, berat badan, olahraga atau aktifitas, serta genetik. Biasanya payudara akan mulai menunjukkan masa pertumbuhannya saat cewek telah masuk masa pubertas meskipun sebelum pubertas normal jika sudah ditemukan pertumbuhan payudara. Pertumbuhan ini akan memperlihatkan bentuk dan ukuran serta kekencangannya. Saat awal seperti inilah sebaiknya perawatan payudara sudah disadari dan dilakukan.

1. Lakukan Pijatan Hydro

Teknik cara memijat hydro adalah salah satu cara yang sangat efektif sekali untuk menghindari kerutan yang terjadi di area payudara. Pijat hydro ini bisa kamu lakukan sendiri. Cara Pijat hydro adalah dengan memijat payudara yang sebelumnya telah dibasuh terlebih dulu dengan air dingin, kemudian pijatlah searah jarum jam kira kira selama 10 menit. Kamu dapat memberikan perhatian khusus pada daerah lipatan ketiak dan pada daerah bawah payudara. Pijatan hydro ini berfungsi agar mengalirkan peredaran darah dan dapat mengencangkan payudara.

2. Lakukan Pijatan Dengan Es Batu Susu

Selain dengan pijatan hydro di atas, kamu dapat melakukan pijatan dengan menggunakan air susu yang telah dibekukan terlebih dahulu. Caranya, pijatlah payudara dengan menggunakan es batu susu tersebut, namun yang harus di ingat adalah kamu harus melakukannya secara perlahan, karena kulit payudara sangat sensitif sekali. Cara ini bermanfaat sekali untuk melembutkan, bisa mencerahkan dan dapat mengencangkan payudara.

3. Lakukan Olahraga

Orang yang sehat dan memiliki tubuh bugar biasanya rutin melakukan olah raga. Demikian juga dalam merawat payudara agar tetap kencang. Rajin-rajinlah melakukan push up karena sangat berguna sekali untuk kekencangan pada otot-otot yang ada dalam payudara. Olahraga lain agar payudara kencang adalah dengan menggunakan barbel. Berbaringlah, kemudian tekuk lutut dan mulai angkatlah barbel yang telah disesuaikan beratnya dengan kemampuan kamu untuk mengangkatnya dengan menggunakan kedua tangan secara bersamaan. kemudian tarik ke bawah tangan secara perlahan-lahan. Gerakan ini sebaiknya diulang hingga 10 kali.

4. Krim Payudara

Cara merawat payudara dengan menggunakan krim payudara sering di lakukan oleh cewek yang ingin payudaranya menjadi kencang dan indah. Namun jangan memilih krim sebelum dikonsultasikan dengan dokter.

5. istirahat cukup dan gizi seimbang

Hal ini tidak bisa disepelekan karena bagaimanapun kedua hal ini juga akan membantu keseimbangan hormonal kamu agar fungsi hormon dalam menjaga pertumbuhan payudara bisa lebih optimal.

Selamat mencoba dan jika kamu masih ragu, mungkin bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahlinya.

.::KONDOM MAMPU MENCEGAH PENULARAN HIV/AIDS?



Kondom mampu mencegah penularan HIV/AIDS. Benarkah pernyataan tersebut? Apakah kondom benar-benar efektif mencegah penularan HIV/AIDS?

Efektivitas penggunaan kondom guna menangkal penularan HIV/AIDS banyak diragukan sejumlah pakar, tidak saja ahli dalam negeri tetapi juga banyak peneliti internasional. Walaupun demikian, ada juga sejumlah “pakar” yang menyangkalnya dan meyakini bahwa kondom efektif untuk menangkal virus HIV/AIDS. Polemik ini baru menyentuh masalah teknis, belum psikologi massa, dan juga aspek sosiologis.

Salah seorang pakar di negeri ini yang gencar mengkampanyekan rendahnya efektivitas penggunaan kondom sebagai pelindung dan sebagai penangkal penyebaran virus HIV/AIDS adalah Prof. Dr. dr. H. Dadang Hawari. Guru Besar Tetap Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini sejak bertahun-tahun lalu tidak bosan-bosannya menyerukan kepada masyarakat dan juga pemerintah tentang fakta ilmiah tersebut.

Menurut Dadang, “Di Indonesia, masih saja ada kelompok masyarakat yang menyatakan kondom seratus persen aman. Padahal, kenyataannya tidaklah demikian. Survei di lapangan dan penelitian di laboratorium membuktikan bahwa penggunaan kondom hanya dapat mereduksi resiko penularan, tetapi tidak dapat menghilangkan sama sekali resiko penularan virus HIV/AIDS.”

Beberapa temuan ilmiah seputar rendahnya efektivitas kondom bagi upaya penyebaran virus HIV/AIDS, dipaparkan seperti dibawah ini:

• Direktur Jenderal WHO Hiroshi Nakajima (1993) menyatakan bahwa efektivitas kondom diragukan.

• Pernyataan J. Mann (1995) dari Harvard AIDS Institute yang menyatakan bahwa tingkat keamanan kondom hanya tujuh puluh persen.

• Penelitian yang dilakukan oleh Carey (1992) dari Division of Physical Science, Rockville, Maryland, USA, menemukan kenyataan bahwa virus HIV dapat menembus kondom. Dari 89 kondom yang diperiksa (yang beredar dipasaran) ternyata 29 darinya terdapat kebocoran, atau dengan kata lain tingkat kebocoran kondom mencapai tiga puluh persen.

• Dalam konferensi AIDS Asia Pasific di Chiang Mai, Thailand (1995), dilaporkan bahwa penggunaan kondom aman tidaklah benar.

• Disebutkan bahwa pada kondom (yang terbuat dari bahan latex) terdapat pori-pori dengan diameter 1/60 mikron dalam keadaan tidak meregang, sedangkan bila dalam keadaan meregang, lebar pori-pori tersebut mencapai sepuluh kali. Sementara ukuran virus HIV berdiameter 1/250 mikron. Dengan demikian, virus HIV dapat dengan leluasa menembus kondom.

• Laporang dari Customer Report Magazine (1995) menyatakan bahwa pemeriksaan dengan menggunakan mikroskop elektron dapat dilihat pori-pori kondom yang sepuluh kali lebih besar dari virus HIV.

• M. Potts (1995), Presiden Family Health Internasional, salah seorang pencipta kondom mengakui, “Kami tidak dapat memberitahukan kepada banyak orang sejauh mana kondom dapat memberikan perlindungan pada seseorang. Sebab, menyuruh mereka yang telah masuk ke dalam kehidupan yang memiliki resiko tinggi (seks bebas dan pelacuran) ini untuk memakai kondom sama saja artinya dengan menyuruh orang yang mabuk memasang sabuk ke lehernya.”

• V. Cline (1995), professor Psikologi Universitas Uttah, Amerika Serikat, menegaskan bahwa memberi kepercayaan kepada remaja atas keselamatan berhubungan seksual dengan menggunakan kondom adalah sangat keliru. Jika para remaja percaya bahwa dengan kondom mereka aman dari HIV/AIDS atau penyakit kelamin lainnya, berarti mereka telah tersesatkan.

• Pakar AIDS, R. Smith (1995), setelah bertahun-tahun mengikuti ancaman AIDS dan penggunaan kondom, mengecam mereka yang telah menyebarkan “safe sex” dengan cara mengunakan kondom sebagai “sama saja dengan mengundang kematian”. Selanjutnya, beliau mengetengahkan pendapat bahwa penularan/penyebaran HIV/AIDS dapat diberantas dengan cara menghindari hubungan seks diluar nikah.

• Di Indonesia pada tahun 1996 yang lalu, kondom yang diimpor dari Hongkong ditarik dari peredaran karena lima puluh persen bocor.

• Hasil Penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Biran Effendi (2000) menyatakan bahwa tingkat kegagalan kondom dalam Keluarga Berencana (KB) mencapai dua puluh persen. Hasil penelitian ini mendukung pernyataan Prof. Dr. Haryono Suyono (1994) bahwa kondom dirancang untuk Keluarga Berencana dan bukan untuk mencegah HIV/AIDS.

• Dapat diumpamakan bahwa besarsnya sperma seperti ukuran jeruk garut, sedangkan kecilnya virus HIV/AIDS seperti ukuran titik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegagalan kondom untuk program Keluarga Berencana saja mencapai dua puluh persen, apalagi untuk program HIV/AIDS, maka akan lebih besar lagi tingkat kegagalannya. (Majalah Eramuslim Digest, Edisi Koleksi 5)

Intinya, jika ingin mencegah penyebaran HIV/AIDS dan penyakit menular lainnya adalah dengan menjauhi zina. Tampaknya, kondom hanya alat yang dibuat supaya seseorang aman dan nyaman berbuat zina. Kalaupun pada suatu saat nanti ditemukan kondom yang benar-benar aman dari virus HIV/AIDS, lalu apakah para pezina itu aman dan nyaman dari murka Allah? Silahkan nilai sendiri..

Muhammad Zulfikar
KaBid P3A HMI Komisariat Sriwijaya

Kritik terhadap PEKAN KONDOM NASIONAL

Silahkan banjiri penolakan anda pada :

1. Halo Kemkes 021500567 (opr time, hari kerja pk 08-16 WIB)
2. Sms 0812 815 62620
3. Email kontak@kemkes.go.id
Lindungi keluarga kita dari maksiat dan adzab Allah Ta’ala.
Logika program ini mengandung sesat pikir.

PERTAMA, Program ini tidak menyelesaikan akar masalahnya. Akar masalahnya adl perilaku seks bebas (free sex).
Kampanye penggunaan kondom untuk pelaku seks beresiko ini seolah justru berkata “silahkan melakukan seks beresiko asal pakai kondom”.

Seks beresiko adalah seks dengan yang bukan isteri/suami. Maka kampanye kondom sama artinya, “silahkan melakukan seks bebas termasuk zina asal pakai kondom.” Maka progam kondomisasi sama artinya kampanye dan mensponsori seks bebas.

KEDUA, Pada Konferensi AIDS se-Dunia di Chiangmai, Thailand tahun 1995, diumumkan hasil penelitian ilmiah bahwa kondom tidak dapat mencegah penularan HIV/AIDS.

Sebab ukuran pori-pori kondom jauh lebih besar dari ukuran virus HIV. Ukuran pori-pori kondom sebesar 1/60 mikron dalam kondisi normal dan membesar menjadi 1/6 mikron saat dipakai.

Sedangkan ukuran virus HIV hanya 1/250 mikron. Jelas virus HIV sangat mudah bebas keluar masuk melalui pori-pori kondom. Maka, jika dikatakan kondomisasi dapat menangkal penularan virus HIV/AIDS, itu jelas menyesatkan dan membodohi masyarakat.

KETIGA, program kondomisasi justru menyuburkan perilaku seks bebas. Para pelaku justru mendapat pembenaran untuk melakukan perzinaan. Toh pikir mereka, yang penting dilakukan dengan aman (pakai kondom)

http://abangdani.wordpress.com/2013/12/02/kondom-mampu-mencegah-penularan-hivaids/

Lebih Sehat

KOMPAS.com -  Sikap mencerminkan dari kepribadian seseorang, dan pikiran memberi peran yang besar terhadap sikap seseorang. Itulah mengapa berpikir positif membuat perbedaan besar dalam hidup kita. Sikap yang baik dimulai dengan berpikir positif. Berpikir positif memiliki peran penting dalam pembentukkan setiap individu. Kekuatan berpikir positif merupakan unsur yang terpenting dalam menciptakan jenis kehidupan Anda.
Sikap positif  membantu Anda dalam  mengatasi masalah kehidupan sehari-hari. Sebuah pandangan yang positif dapat membantu Anda untuk mengatasi situasi stres dan dapat mengubah hidup Anda jauh lebih baik. Berikut ini beberapa manfaat dari berpikit positif :

1. Mengatasi stres : Berpikir positif membantu Anda mengatasi situasi stres, mengabaikan pikiran negatif, mengganti pikiran pesimis menjadi optimis, mengurangi kecemasan dan mengurangi stres. Ketika Anda mengembangkan sikap positif Anda bisa mengontrol hidup Anda dengan baik.
2. Menjadi lebih sehat : Pikiran kita secara langsung mempengaruhi tubuh dan bagaimana cara bekerjanya. Ketika Ada mengganti pikiran negatif dengan ketenangan, kepercayaan dan kedamaian, bukannya dengan kebencian, kecemasan, dan kekhawatiran, maka Anda akan merasakan kesejahteraan. Dan ini berarti Anda tidak mengalami gangguan saat tidur, tidak merasakan ketegangan otot, kecemasan, dan kelelahan. Orang-orang yang berpikir negatif lebih muda terkena depresi.
3. Percaya diri : Dengan berpikir positif, maka Anda lebih percaya diri dan tidak untuk menciba menjadi orang lain. Jika Anda tidak percaya diri Anda tidak akan pernah mendaptkan kehidupan yang lebih baik.
4. Bisa mengambil keputusan yang benar : Berpikir positif mencegah Anda memilih keputusan yang salah atau melakukan hal yang bodoh yang kemudian Anda sesali. Berpikir positif membuat Anda memilih keputusan dengan cepat.
5. Meningkatkan fokus : Menggunakan pikiran positif membantu Anda lebih fokus saat menghadapi masalah. Jika Anda berpikir negatif akan membuang-buang waktu, dan energi Anda.
6. Bisa mengatur waktu lebih baik : Dengan meningkatnya fokus serta kemampuan membuat keputusan yang lebih baik, Anda akan lebih terorganisir. Ini akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri dan orang yang Anda cintai.
7. Lebih sukses dalam hidup : Sikap positif tak hanya bisa meningkatkan fokus Anda dan lebih bisa mengatur waktu dengan baik tetapi mengarahkan Anda pada kebahagian dan keberhasilan saat mengubah hidup Anda.
8. Memiliki banyak teman : Ketika berpikir positif, Anda akan menarik perhatian orang-orang dan ketika orang-orang tersebut dekat dengan Anda mereka akan merasa nyaman.
9. Menjadi pemberani : Ketakutan berasal dari pikiran negatif. Menjadi pemikir positif menghilangkan rasa takut. Keberanian berasal dari kenyataan bahwa Anda tetap positif Anda akan tahu bahwa apapun yang terjadi dalam hidup Anda, Anda dapat menghadapinya.
10. Hidup lebih bahagia:  Percaya diri merupakan suatu fakta bahwa Anda bahagia menjadi diri Anda sendiri dan tidak mencoba untuk menjadi orang lain. Jika Anda memiliki semangat berpikir positif, Anda selalu mengantisipasi hidup bahagia, damai, tawa, kesehatan yang baik dan kesuksesan finansial.

Tips agar Anda selalu berpikiran positif :
- Jadilah optimis dan mengharapkan hasil yang baik dalam segala situasi.
- Cari alasan untuk tersenyum lebih sering.
- Visualisasikan hanya apa yang Anda inginkan terwujud
- Libatkan diri Anda dalam kegiatan rekreasi menyenangkan.
- Baca dan kutipan yang inspirasional.
- Ikuti gaya hidup sehat. Olahraga setidaknya tiga kali seminggu.
- Bergaulah dengan orang yang selau berpikir positif.
Seseorang yang berpikir positif tahu bagaimana menangani situasi yang buruk lebih baik daripada siapa pun. Dan ingat, keberhasilan terjadi kepada mereka yang percaya diri!

Follow by Email

Daftar Blog

Silahkan Menjadi Follower Dan Dapatkan Info Yang Bermanfaat