Segudang Manfaat dari Kacang Hijau



SIAPA yang tidak mengenal kacang hijau? Makanan sehat yang satu ini ternyata sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Awalnya, kacang hijau berasal dari India, dan mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia melalui jalur perdagangan.

Ribuan tahun silam kacang hijau sudah digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari sumber pangan hingga media pengobatan. Bangsa China kuno bahkan sudah menggunakan kacang hijau untuk menurunkan panas dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

Di Indonesia, kacang hijau sudah sangat familiar. Berbagai makanan tradisional seperti onde-onde, kolak, bubur, sudah menggunakan kacang hijau sebagai bahan baku utamanya. Hingga kini, kacang hijau masih menjadi menu makan yang menyehatkan. Bahkan, sari kacang hijau kerap dijadikan minuman utama untuk balita yang datang ke posyandu. Kandungan nutrisi kacang hijau sebagai salah satu sumber pangan yang menyehatkan, kacang hijau diperkaya dengan berbagai nutrisi penting untuk menunjang kesehatan, di antaranya kaya protein.

Kacang hijau bisa menjadi sumber protein alternatif bagi para vegetarian. Kandungan protein dalam setiap 100 gr kacang hijau sebesar 7 gr protein. Protein dalam kacang hijau memiliki profil asam amino lengkap dan dapat diserap tubuh lebih cepat. Protein berguna dalam membantu pembentukan sel-sel otot, mempercepat pemulihan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu Anda kenyang lebih lama.

Kandungan nutrisi lengkap yang terkandung dalam kacang hijau, menjadikan makanan ini sebagai sumber makanan dengan segudang manfaat kesehatan. Di antaranya, membantu pertumbuhan, karena kacang hijau mengandung protein lengkap yang membantu pertumbuhan dan pembentukan sel-sel tubuh, yaitu sel-sel organ, otot, dan otak. Penelitian juga mengungkapkan bahwa kandungan vitmain B1 dan enzim-enzim aktif pada kacang hijau dapat memperbaiki kondisi ini dengan meningkatkan penyerapan nutrisi dan metabolisme tubuh.

Si hijau ini juga berfungsi membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga mengurangi waktu kotoran menumpuk di dalam usus, serat juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga efektif untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Diperkaya dengan zinc dan zat besi juga menjadikan kacang hijau sebagai makanan pilihan untuk mengatasi anemia, membantu kesimbangan hormon dan sistem kelenjar, serta menjaga metabolisme tubuh. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap dan manfaat kesehatan yang begitu besar, jangan ragu lagi untuk memasukkan kacang hijau ke dalam menu harian Anda.

4 Kebiasaan Baik untuk Mencegah Kanker



Meski belum jelas benar apa sebenarnya yang menyebabkan seseorang menderita kanker, ada baiknya kita menjalani hal-hal yang menyehatkan dan aman bagi diri kita seperti dikutip dari Womansday.

1. Periksa Kadar Vitamin D

beberapa penelitian menunjukan vitamin D yang terbaik ada pada sinar matahari, untuk itu mulailah berani dengan sinar matahari. Asupan vitamin D dapat membantu diri mencegah kanker, kebiasaan yang satu ini perlu diterapkan di keluarga.

2. Batasi Konsumsi Daging

Penelitian dari Loma Linda University di California mengatakan vegetarian memiliki risiko yang lebih rendah terkena kanker. Para peneliti menyarankan untuk mulai membatasi konsumsi daging atau produk hewani, hal ini untuk menurunkan risiko kanker. Bila sulit menerapkan berhenti makan daging setidaknya cukup konsumsi daging satu kalid alam seminggu.

3. Menjaga Berat Badan

Direktur Program Kanker Perempuan di City of Hope Comprehensive Cancer Center di Duarte, CA, Joanne Mortimer, MD mengatakan menjaga berat badan sangatlah penting untuk mencegah kanker. "Ovarium berhenti memproduksi estrogen setelah menopause namun karena lemak yang dikonsumsi akan menghasilkan estrogen. Dan wanita yang obesitas akan berisiko kanker seperti kanker payudara, mulailah menjaga berat badan," kata Joanne.

4. Rutin Berolahraga

Berolahraga dapat membantu menurunkan risiko kanker. Para ahli di University of Minnesota mengatakan bergerak selama 30 menit maksimal lima kali dalam seminggu dapat mengurangi perkembangan sel kanker. Selain berjalan, bisa memiliki kelas yoga atau bersepeda. (penulis : Kusmiyati, sumber : liputan6.com)

4 Cara Mengencangkan Payudara



Memiliki payudara kencang meski telah melahirkan lebih dari dua anak menjadi dambaan sebagian perempuan yang memerhatikan penampilan. Banyak pilihan cara untuk membantu mengencangkan payudara. Penggunaan krim yang dioleskan rutin pada payudara kerap dipilih perempuan. Meski begitu, untuk memiliki tubuh dan payudara yang kencang, dibutuhkan perawatan secara holistik.

Pemain sinetron Femmy Permatasari mengandalkan empat hal untuk mengencangkan tubuhnya, termasuk payudara. Yakni, rutin menggunakan krim payudara selama 3-6 bulan terutama setelah melahirkan, olahraga rutin, kebiasaan menggunakan bra saat tidur, serta cara menyusui yang benar.

"Penggunaan krim pengencang payudara harus dibantu dengan olahraga. Selain juga kebiasaan rutin mengenakan bra, baik saat tidur maupun saat menyusui. Cara menyusui juga memengaruhi bentuk payudara," jelasnya di sela temu media produk jamu Njonja Meneer di Jakarta beberapa waktu lalu.

1. Krim payudara.
Ibu tiga anak ini rutin menggunakan krim pengencang payudara selama 3-6 bulan pemakaian, dalam kurun waktu sekitar tujuh tahun. "Pemakaian krim dilakukan sebelum tidur, dan bra tidak dilepas saat tidur," jelasnya. Menurutnya, krim seperti ini membantu pengencangan payudara, namun hasilnya akan maksimal jika dibantu dengan sejumlah aktivitas fisik dan kebiasaan baik.

2. Olahraga.
Olahraga menjadi kegemaran Femmy sejak remaja. Pilihan olahraga juga memengaruhi bentuk tubuh. Femmy memilih olahraga yang mengencangkan tubuh, untuk menjaga bentuk badan tetap ideal. Perut rata dan badan langsing serta kencang menjadi tujuannya.

"Setiap bangun tidur saya selalu sit up 30 repetisi," ungkapnya menambahkan untuk mendapatkan perut rata, olahraga rutin non stop selama tiga bulan dapat memberikan hasil maksimal.

Tubuh kencangnya didapati dari kebiasaan olahraga secara teratur. Tiga jenis olahraga favoritnya di antaranya body combat, yoga, muaythai. "Saya suka olahraga yang sifatnya maskulin. Tiga jenis olahraga ini saya lakukan secara bergantian jadi bukan kombinasi ketiganya dalam sekali latihan. Biasanya per dua minggu saya padukan olahraga ini. Hasilnya, perut rata dan badan kencang," jelasnya.

3. Selalu pakai bra.
Kebiasaan mengenakan bra yang tepat turut membantu menjaga bentuk payudara. Termasuk saat tidur, dengan menggunakan bra khusus tanpa kawat. Kebiasaan inilah yang dilakukan Femmy dan terbukti membantu payudaranya tetap kencang.

4. Posisi menyusui.
Menurut Femmy, cara menyusui juga memengaruhi bentuk payudara. "Biasanya ibu membungkuk menyesuaikan posisi dengan bayi saat menyusui. Ini memengaruhi payudara. Saya menyusui dengan mendekatkan bayi ke payudara, menggunakan bantalan yang membuatnya nyaman dan memang cara menyusui ini aman untuk bayi," jelasnya.

Bagiamana dengan Anda? Cara apa yang dilakukan untuk merawat atau mengencangkan payudara? (sumber : female.kompas.com)

Minyak Jelantah yang Dipakai Ulang Keluarkan Racun Aldehid



Semahal-mahal minyak goreng di pasaran, hindari untuk memanaskan kembali minyak tersebut berulang kali. Kebiasaan memakai ulang minyak jelantah – sebutan lain minyak goreng bekas – hanya akan membuat minyak berubah menjadi racun yang membahayakan bagi kesehatan.

Saat minyak dipakai berulang kali terjadi proses kimiawi yang menghasilkan zat aldehid. Zat ini yang menjadi pemicu kehadiran penyakit neurodegenerative dan beberapa jenis kanker yang mematikan. Penyakit neurodegenerative tersebut, misalnya, Alzheimer dan Parkinson yang berhubungan dengan kerusakan saraf.

Pada penelitian tersebut dilibatkan penelitian terhadap minyak zaitun, minyak bunga matahari, dan minyak biji rami. Ketiga minyak itu dipanaskan pada suhu 190 derajat celcius di sebuah industri penggorengan. Lama pemanasan selama 40 jam. Untuk minyak zaitun dan bunga matahari, dipanaskan 8 jam per harinya. Sedangkan, pada minyak biji rami pemasanan per harinya selama 20 jam.

Hasilnya, pemakaian ulang minyak tersebut menghasilkan zat aldehid yang muncul dari degradasi asam lemak pada minyak. Makanan akan terkontaminasi racun tersebut saat digoreng dengan minyak bekas. Ketika masuk tubuh, aldehid sangat reaktif terhadap protein, hormon, dan enzim dengan menghambat kerja mereka. Dan, berbagai penyakit siap bermuculan. (sumber : sidomi.com)

5 Penyebab Vagina Berbau Tidak Sedap



Setiap perubahan pada vagina bisa menjadi pertanda awal adanya masalah, termasuk aroma Miss V yang tidak sedap. Bau yang keluar dari Miss V bisa menjadi pertanda adanya infeksi atau ketidakseimbangan jamur. Ini beberapa hal yang menyebabkan aroma Miss V Anda tidak sedap, seperti dikutip dari She Knows.

Vaginosis
Merupakan infeksi bakteri paling umum penyebab vagina berbau tak sedap. Di sekitar Miss V terdapat berbagai bakteri, dan bacterial vaginosis (BV) adalah pertumbuhan bakteri yang berlebihan di area tersebut. Menurut Mary M. Galenberg, M.D., seorang spesialis OB-GYN, kebanyakan wanita di usia reproduksinya akan mengalami BV setidaknya satu kali semasa hidup. Penyebab pastinya belum diketahui, tapi seks tanpa kondom dan penggunaan douching (menyemprotkan cairan pembersih ke vagina) sebaiknya dihindari untuk mencegah kondisinya lebih berbahaya.

Gejala lain BV adalah kulit yang terasa gatal-gatal dan perih di sekitar Miss V. BV biasanya akan sembuh dengan sendirinya, tapi jika Anda mengalaminya, disarankan mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan guna mencegah kondisi yang lebih serius. Pengobatan BV biasanya dengan antibiotik.

2. Infeksi Jamur
Infeksi jamur juga umum terjadi dan menyebabkan Miss V beraroma kurang enak. Gejalanya mirip BV, namun diikuti dengan keluarnya cairan kental dan berwarna putih. Pengobatan infeksi jamur tidak memerlukan antibiotik dan bisa disembuhkan dengan perawatan anti jamur yang dilakukan oleh dokter.

3. Penyakit Kelamin Menular (STD - Sexually Transmitted Diseases)
Beberapa jenis penyakit kelamin bisa membuat vagina berbau tak sedap, dan umumnya penyebabnya adalah chlamydia dan gonorrhea. Penyakit tersebut terbilang umum dan mudah diobati, tapi bisa menyebabkan komplikasi serius jika telat ditangani. Sayangnya, dua jenis penyakit ini kerap tidak terdeteksi pada tahap-tahap awal karena tidak menimbulkan gejala spesifik. Jadi seringkali baru diketahui ketika keadaannya sudah parah dan sulit untuk diobati.

Gejala paling umum chlamydia dan gonorrhea adalah rasa sakit saat buang air kecil dan keluarnya cairan dari Miss V. Segera temui dokter spesialis jika Anda mengalami salah satu gejalanya dan hindari risikonya dengan absen bercinta sementara waktu atau gunakan kondom saat berhubungan intim.

4. Pelvic Inflammatory Disease (PID)
PID terjadi ketika bakteri (biasanya ditularkan lewat hubungan seksual) berpindah dari vagina ke uterus. PID sering diasosiasikan sebagai STD stadium akhir, seperti chlamydia. PID umumnya tidak terdeteksi sampai Anda mengalami sakit yang kronis atau sulit hamil karena sering tidak menimbulkan gejala yang spesifik. Jika ada gejala, biasanya penderita akan merasakan sakit pada tulang panggul, vagina berbau, keluar banyak cairan Miss V, demam, kelelahan, sakit saat berhubungan seks dan buang air kecil. PID umumnya bisa diobati dengan pemberian antibiotik.

5. Miss V Tidak Bersih
Sangat mungkin penyebab bau Miss V tidak sedap karena tidak higienis. 'Anatomi' Miss V sangatlah rumit dan menjaga kebersihannya memang tidak mudah. Disarankan membasuhkan air bersih mulai dari bibir vagina mengarah ke anus, bukan sebaliknya. Hal ini untuk mencegah perpindahan bakteri dari anus ke vagina, juga untuk menghindari infeksi cairan Miss V. Ganti celana dalam dua kali sehari untuk mencegah vagina jadi lembab dan terinfeksi bakteri. Saat haid, ganti pembalut sedikitnya 3 kali sehari.

Istri Introvert


Dokter, istri saya sering mengalami down, dan saya duga dia menderita depresi, krn hanya mengalami masalah kecil dalam kehidupan baik dalam keluarga maupun masyarakat sering ingin mati saja. Padahal kami cukup dalam materi maupun yg lainnya. Istri saya sangat konservatif dalam cara berpikir, kurang pergaulan, dan jarang mau keluar jalan-jalan weekend,dan tidak pernah menghadiri undangan perkawinan bersama dengan saya. Kalau saya amati, dia anak paling kecil dari 9 bersaudara, dan dilahirkan saat ibunya sudah berumur 40 th, apakah ada kaitannya dengan hal ini? Apakah perlu konsultasi ke psikiater(yg jelas pasti dia tidak mau) atau apa solusinya. Terima kasih.


Terimakasih atas pertanyaan Anda.
Banyak yang dapat melatarbelakangi keadaan istri Anda. Perlu ditelusuri lebih holistik guna mengetahui munculnya keadaan tersebut. Dalam sudut pandang psikiatri, guna menelusurinya, pasien diberikan semacam tes kepribadian yang sedikit banyak dapat memberikan kontribusi diagnosa serta kesimpulan keadaan. Tes kepribadian berlangsung dalam suatu sesi wawancara. Istilah umumnya, pasien diajak curhat.
Demikian juga dengan keadaan yang Anda kemukakan, coba ajak komunikasi istri Anda dengan santai. Tidak perlu menekan, atau menuntut. Buat situasi senyaman mungkin untuk istri Anda.
Salah satu pembawaan kecenderungan yang memicu hal tersebut adalah introvert. Dimana keadaan kecenderungan ini, karakter seseorang cenderung menutup diri. Sulit untuk terbuka. Acapkali keadaan ini dipicu oleh rendahnya tingkat kepercayaan diri seseorang.
Salah satu jalan keluarnya adalah menambah kesadaran kepercayaan dirinya. Cara yang paling sederhana adalah dengan memberikan pujian. Besarkan perasaannya dengan kata-kata lembut nan positif yang membangun. Jangan terlalu gombal dan terdengar seperti rayuan anak ABG. Lakukan dengan elegan disaat-saat yang tidak diduga.
Bagaimanapun istri Anda adalah seorang wanita. Terdapat keuntungan dalam mencari solusi inti persoalan situasi dirinya. Ajak dirinya terbuka untuk cerita kenapa terdapat kecenderungan seperti demikian. Jika masih suilit dilakukan, berarti usaha Anda untuk menyamankan dirinya belum optimal. Karena sependiam-pendiamnya seorang wanita, masih ada titik situasi dimana mereka gemar bercerita dan berbagi empati.
Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.
Terimakasih.
Redaksi http://klik-dr.tk/1aQ6GU5
-----
Untuk dapat berinteraksi dengan dokter seputar kesehatan, sahabat KlikDokter bisa menggunakan fitur 'Tanya Dokter' yang ada di website kami, Gratis! Caranya cukup klik > http://klik-dr.tk/10NV4Pt

Sperma Tidak "Berenang"


Saya sudah 3 th menikah dan belum dikaruniakan keturunan. Kami sudah periksa ke dokter dengan diaknosa dengan puasa berhubungan 4 hari diperiksa di laboratorium bahwa sperma suami tidak ada yg ber-renang (istilahnya). Pertanyaan saya : Apakah dengan kasus seperti itu dapat diobati atau bagaimana jalan keluarnya. Txs 

Saudari yang terhormat,
Terima kasih atas pertanyaan Anda. Mungkin keadaan yang didapatkan pada suami Anda disebut Asthenozoopermia yaitu dari semua sperma yang ada, yang pergerakannya normal (gerak lurus cepat atau gerak lurus lambat) kurang dari 40%.

Gangguan pada jumlah sperma dan kualitas sperma dapat terjadi akibat:
- Kelelahan
- Tidur yang kurang
- Kegemukan
- Kebiasaan merokok dan minum minuman keras
- Faktor psikologi : stress berkepanjangan, panik, depresi
- Faktor lingkungan (radiasi atau bekerja di lingkungan yang tinggi cemarannya, seperti kawasan industri)
- Suhu di sekitar testis yang terlalu panas, misalnya pada orang yang bekerja terus-menerus di dekat panas seperti supir atau juru masak, atau memakai celana yang terlalu ketat juga bisa mengganggu kesehatan testis
- Ketidakseimbangan hormon testosteron
- Varicocele (pembesaran pembuluh darah vena di buah zakar)
- Infeksi saluran reproduksi
- Kelainan kromosom

Saat ini sebaiknya, Anda dan pasangan berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi dan kebidanan kandungan untuk mengevaluasi penyebab serta mencari solusinya. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)
Salam,
Tim Redaksi Klikdokter
-----
Untuk dapat berinteraksi dengan dokter seputar kesehatan, sahabat KlikDokter bisa menggunakan fitur 'Tanya Dokter' yang ada di website kami, Gratis! Caranya cukup klik > http://klik-dr.tk/10NV4Pt

Nah info penting buat Anda para suami yang gemar bersepeda!



Bersepeda yang berlebihan bisa menjadi penyebab disfungsi ereksi. Bersepeda yang berlebihan merupakan penyebab umum dari disfungsi ereksi.

Hal ini terjadi karena tekanan yang diciptakan ke saraf penis dengan duduk di pelana dalam jangka waktu yang lama.

Warning! Bacaan ini khusus untuk suami istri: http://goo.gl/rAxMzh

Siswi SMAN 2 Denpasar dipaksa lepas jilbab atau pindah sekolah

Siswi SMAN 2 Denpasar dipaksa lepas jilbab atau pindah sekolahMerdeka.com - Anita Wardhana, siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Denpasar, Bali dilarang menggunakan jilbab saat mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Anita menolak dengan larangan tersebut dan pihak sekolah pun memberi pilihan kepada siswi kelas XI itu, lepas jilbab atau pindah sekolah.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyesalkan adanya insiden pelarangan pemakaian jilbab oleh siswi di SMAN Bali, lembaga yang bertugas membentuk karakter prokebhinekaan, toleransi, dan kebebasan berekspresi terkait dengan agama dan kepercayaan pribadi.

"Hal ini terkait dengan fakta bahwa sekolah menengah atas negeri (SMAN) bukan termasuk lembaga pendidikan yang dibolehkan UU Sisdiknas (Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional) untuk mengembangkan ciri khusus (keagamaan)," kata Wakil Ketua Bidang Pengaduan Masyarakat Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Eva Kusuma Sundari di Semarang seperti dilansir Antara, Rabu (8/1).

Anggota Komisi III (Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia) DPR RI ini mengatakan Bali sepatutnya secara konsisten memperkuat reputasi internasionalnya sebagai wilayah yang masyarakatnya toleran dan menghormati hak kebebasan individu untuk berekspresi, termasuk dalam menjalankan keyakinan dan agama.

"Kita berharap hak tersebut tidak saja dijamin bagi turis Bali, tetapi juga bagi setiap penduduk Bali (asing maupun domestik) yang memeluk semua agama masing-masing. Oleh karena itu, Bali seharusnya konsisten menjadi model sikap toleransi beragama dan kebinekaan," ucapnya.

Insiden pelarangan pemakaian jilbab tersebut, menurut alumnus University of Nottingham, United Kingdom itu, menegaskan kemunduran penegakan hak asasi manusia (HAM) di Indonesia tentang kebebasan beragama akibat otonomi daerah.

Eva mengungkapkan bahwa sejumlah pemerintah daerah justru menjadi pelaku yang melanggar amanat Pasal 29 UUD RI 1945.

"Ini tentu sama buruknya dengan pelarangan siswi berjilbab di Bali. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang bukan negara agama tidak seharusnya intervensi soal kostum baju warga yang menjadi wilayah privat sebagaimana agama," katanya.

Eva meminta Pemerintah dan masyarakat Bali harus tetap menjadi teladan dalam menjalankan amanat konstitusi bahwa kebebasan berkeyakinan dan beragama yang merupakan hak pribadi warga terlindungi yang dijamin negara.

"Saya mengimbau agar otoritas Bali mengingatkan kepala sekolah SMA tersebut agar tidak terjebak pada sikap-sikap intoleran sebagaimana 79 daerah lain yang mempraktikkan pemaksaan pemakaian kostum jilbab. Serahkan hal tersebut kepada individu-individu WNI," katanya.

Facebook ditutup bulan Maret ini?

Facebook ditutup bulan Maret ini?Merdeka.com - Di bulan Februari, Maret, Mei tahun 2013 lalu, ada kabar bahwa Facebook akan tutup karena suatu hal. Namun hal tersebut hanyalah hoax.

Kali ini ada berita baru yang menjelaskan bahwa Facebook akan tutup pada tanggal 15 Maret mendatang karena sudah terlampau banyak penggunanya.

Selain itu, seperti dikutip dari Naked Security (06/01), alasan lain Facebook akan menutup usahanya karena banyak penggunanya yang komplain karena jejaring sosial satu ini mulai lamban.

Bahkan dari pesan yang beredar di Facebook, tertulis bahwa pesan tersebut harus disebarkan minimal ke 15 pengguna Facebook lain. Apabila tidak menyebarkannya, maka dalam waktu 2 minggu, account yang bersangkutan akan segera dihapus tanpa pemberitahuan.

Menurut analis dari Sophos menyatakan, pesan tersebut adalah hoax yang juga sering kali beredar dari waktu ke waktu. Bahkan tidak sedikit korban yang termakan tulisan hoax tersebut.

Secara logika, tentunya hanya karena Facebook menjadi lamban (entah yang dimaksud dari lamban ini dari segi apa) dan terlalu banyak penggunanya akan membuat Mark Zuckerberg memutuskan untuk menutup jejaring sosial besutannya itu.

[das]

Australia bukan tetangga yang baik, Indonesia harus tegas!

Merdeka.com - Angkatan Laut Australia Senin (6/1) lalu mendorong balik kapal imigran gelap dari Afrika kembali ke perairan Indonesia. Langkah Australia ini makin menunjukkan mereka bukan tetangga yang baik.

Pengamat Hukum Internasional Hikmahanto Juwana mengkritisi kebijakan Australia menghalau kapal para pencari suaka kembali ke perairan Indonesia.

Dalam pernyataannya di Jakarta, ia menyebut negeri kanguru itu tidak mempraktikkan kebijakan bertetangga yang baik merujuk pada sikap AL Australia menghalau 45 imigran gelap.

"Pemerintah Indonesia perlu memprotes keras tindakan AL Australia tersebut. Pemerintah Indonesia harus meminta agar pemerintah Australia turut bertanggung jawab dan tidak sekadar cuci tangan atas permasalahan pencari suaka," katanya.

Protes keras itu, kata dia, didasarkan pada kenyataan para pencari suaka berkeinginan untuk ke Australia, bukan Indonesia.

"Bila tindakan AL Australia terus berlanjut maka AL Indonesia dan Basarnas memperlengkapi para pencari suaka dengan berbagai peralatan agar mereka bisa sampai di Australia dengan selamat," ujarnya.

Pemerintah, tambah dia, harus tegas dalam menghadapi kebijakan Australia dalam menangani para pencari suaka.

Ia menilai tindakan tegas itu dibutuhkan agar kedaulatan RI tidak dilecehkan oleh Australia dan Indonesia tidak menjadi tempat bagi "masalah" Australia.

Tindakan AL Australia merupakan implementasi dari kebijakan PM Tony Abbott untuk menghalau para pencari suaka ke wilayah Indonesia (boat turnback policy).

"Bahkan mereka dilengkapi dengan berbagai peralatan keselamatan oleh AL Australia agar sampai di wilayah darat Indonesia secara selamat," katanya.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyatakan Indonesia menolak kebijakan mengirim balik kapal pencari suaka karena hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah penyelundupan manusia.

"Masalah informasi Australia menghalau kapal imigran asal timur tengah balik ke perairan Indonesia ditangani oleh Menkopolhukam. Tapi dari sisi kebijakan, saya sekali lagi menyatakan sikap Indonesia yang menolak dan menentang kebijakan mengirim balik kapal pencari suaka. Jika semua negara menerapkan kebijakan itu, tidak akan ada akhirnya" kata Marty setelah membacakan pernyataan pers tahunan di gedung Kementerian Luar Negeri pada Selasa.

Menurutnya harus ada penyelesaian yang lebih baik dan menyeluruh dalam menangani imigran ilegal dan isu penyelundupan manusia.

Sebelumnya diberitakan Angkatan Laut Australia menghalau imigran gelap asal Timur Tengah yang hendak masuk ke perairan benua tersebut, dan mendorong mereka kembali ke wilayah perairan Indonesia pada Senin (6/1).

Sebanyak 45 imigran gelap asal Timur Tengah itu akhirnya terdampar di wilayah perairan Indonesia di sekitar Laut Timor, kemudian diamankan oleh Polres Rote Ndao.

Kapolres Rote Ndao AKBP Hidayat ketika dihubungi Antara dari Kupang, Senin (6/1), membenarkan adanya upaya penyelamatan tersebut, dan mengatakan para imigran tersebut masih diamankan oleh pihaknya di Pulau Rote.

Operasi Claret, misi rahasia pasukan Australia di Kalimantan


Operasi Claret, misi rahasia pasukan Australia di Kalimantan
Merdeka.com - Angkatan Laut Australia Senin (6/1) lalu mendorong balik kapal imigran gelap dari Afrika kembali ke perairan Indonesia. Langkah Australia ini makin menunjukkan mereka bukan tetangga yang baik.
Pengamat Hukum Internasional Hikmahanto Juwana mengkritisi kebijakan Australia menghalau kapal para pencari suaka kembali ke perairan Indonesia.

Masalah Indonesia dan Australia bukan hanya soal imigran gelap. Baru saja hubungan kedua negara menghangat karena masalah penyadapan. Australia ketahuan menyadap Presiden SBY, Ibu Ani Yudhoyono dan sejumlah pejabat. Selain itu Australia juga mengeluarkan travel warning ke Indonesia.

Dulu saat era Presiden Soekarno, pasukan elite dua negara ini pernah berhadapan di belantara Kalimantan. Tahun 1964 Soekarno mencetuskan Dwi Komando Rakyat untuk mengganyang Malaysia.

Pasukan elite ABRI seperti Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD), Pasukan Raiders Angkatan Darat, Korps Komando Operasi Angkatan Laut (KKO), Pasukan Gerak Tjepat Angkatan Udara (PGT) dan Resimen Pelopor Kepolisian diterjunkan di perbatasan Kalimantan. Mereka diterjunkan sebagai sukarelawan dan tak mengenakan identitas resmi ABRI.

Pasukan ini disamarkan menjadi anggota Tentara Nasional Kalimantan Utara (TNKU). Karena ini misi rahasia, semua identitas prajurit disembunyikan. Mereka menyusup ke perbatasan untuk menyerang patroli askar Malaysia.

Pasukan Malaysia yang kerepotan kemudian meminta bantuan dari Inggris. Tak tanggung-tanggung Inggris mengirim pasukan elite Special Air Service (SAS) dan Gurkha Regiment. Masih kurang, Inggris pun meminta bantuan. Sebagai negara pesemakmuran, Australia dan Selandia Baru menjawab panggilan itu. Mereka turut mengirimkan pasukan SAS.

Inggris, Australia dan New Zeland juga tak terang-terangan menyatakan perang. Pengerahan pasukan di belantara Kalimantan dilakukan sebagai misi rahasia. Operasi ini dinamakan Operasi Claret.

Mereka menghadapi perlawanan tangguh dari gerilyawan yang sebenarnya tentara Indonesia. Pasukan SAS dan Gurkha pun kerap menyusup masuk ke daerah Indonesia untuk memburu gerilyawan.

"Berbeda dengan askar Malaysia, SAS dan Gurkha itu lebih tangguh. Mereka yang lebih banyak kontak tembak dengan kami. Kemampuan patroli, mencari jejak atau menyergap juga harus diakui, bagus," kata Maman, seorang bintara pensiunan RPKAD saat berbincang dengan merdeka.com.

Dalam satu pertempuran, pasukan Indonesia berhasil melumpuhkan seorang anggota SAS. Pemerintah Indonesia meminta tawanan itu dikirim ke Jakarta. Ini untuk bukti, Inggris dan sekutunya terlibat dalam konflik bersenjata di Kalimantan.

Sayangnya prajurit SAS itu keburu meninggal sebelum dibawa ke Jakarta. Jenazahnya dimakamkan di tempat. Sementara senjata dan kalung tanda pengenalnya dikirim ke Jakarta untuk bukti.

Konflik dengan Malaysia, Inggris, Australia dan Selandia baru ini berakhir tahun 1966 saat Presiden Soekarno lengser. Soeharto yang menjadi penggantinya, tak berniat meneruskan konflik dengan Malaysia.

Laporan tak resmi, sekitar 200 anggota pasukan gabungan Inggris tewas di Kalimantan. Sementara dari pihak ABRI berkali-kali lipat.

Bulan Maret 2010, pemerintah Australia memulangkan jenazah dua anggota pasukan SAS mereka. Prajurit Robert Moncrieff dan Letnan Hudson yang tewas saat operasi Claret. 44 tahun lalu, jenazah mereka dimakamkan warga Dayak di Kalimantan.

Kedua prajurit ini diketahui bertugas di Skadron 2 Resimen SAS. Mereka tewas dalam sebuah misi di Kalimantan tahun 1966.

Australia sendiri menjaga rapat-rapat semua hal soal Operasi Claret. Mereka baru mau membukanya tahun 1996, atau 30 tahun setelah operasi rahasia ini digelar di belantara Kalimantan.

7 Tips Mengobati Vertigo




vertigo pusing 150x150 7 Tips Mengobati VertigoPada kasus vertigo, tubuh merasakan sensasi seakan dunia di sekitar bergerak atau berputar.
Vertigo dapat menyerang tiba-tiba. Beberapa saat sebelum serangan, semuanya nampak normal tetapi disaat berikutnya dunia seperti bergerak dan berputar.
Karena vertigo bisa disebabkan oleh berbagai masalah yang berbeda, setiap orang akan memerlukan pengobatan yang berbeda.
Berikut adalah beberapa cara mengobati vertigo.
1. Fokus pada sebuah objek yang jauh.
Tataplah dengan fokus sebuah objek yang berada di kejauhan. Menutup mata dan berbaring justru bisa memperparah vertigo. Sebagian kasus vertigo disebabkan oleh infeksi telinga bagian dalam.
2. Ketahui penyebab vertigo.
Mengetahui penyebab vertigo akan memudahkan dokter menentukan jenis perawatan serta pengobatan yang terbaik.
3. Pelajari reposisi canalith.
Reposisi canalith akan berguna meringankan vertigo yang disebabkan oleh benign paroxysmal positional vertigo. Jenis vertigo ini merupakan yang paling sering menyerang.
Reposisi canalith melibatkan berbagai gerakan kepala untuk mengembalikan cairan di telinga bagian dalam. Prosedur ini umumnya diajarkan dokter ke pasien, jika pasien memerlukannya.
4. Operasi.
Operasi bisa saja dilakukan yang bertujuan memasukkan sebuah plug tulang ke telinga bagian dalam.
Jika vertigo disebabkan oleh benign paroxysmal positional vertigo dan reposisi canalith tidak mampu mengurangi keluhan, prosedur operasi mungkin diperlukan.
5. Mengambil resep obat.
Ambil obat yang diresepkan oleh dokter jika vertigo disebabkan oleh penyakit Meniere.
Obat yang diresepkan untuk mabuk perjalanan seperti meclizine atau diazepam dapat mengurangi gejala vertigo.
Tidak ada obat untuk penyakit Meniere. Membatasi garam, mengurangi asupan MSG, dan makan sedikit namun lebih sering akan membantu meminimalkan vertigo.
6. Obat untuk mengurangi retensi cairan.
Dokter mungkin akan memberikan resep untuk mengurangi retensi cairan, jika vertigo disebabkan oleh penyakit Meniere.
Resep tersebut dirancang membantu mengurangi tekanan cairan di telinga bagian dalam. Obat yang diberikan umumnya berkategori diuretik seperti kombinasi hidroklorotiazid dan triamterene.
7. Suntikan gentamisin atau steroid.
Vertigo mungkin memerlukan suntikan gentamisin atau steroid ke dalam telinga bagian tengah jika vertigo disebabkan oleh penyakit Meniere
 http://www.amazine.co/11318/7-tips-mengobati-vertigo/

Vertigo

Vertigo pada dasarnya bukanlah penyakit melainkan gejala yang mendasari suatu kondisi kesehatan tertentu.
 
Gejala
Vertigo merupakan gejala dari suatu kondisi kesehatan yang ditandai oleh sensasi pusing yang tidak diinginkan.
Vertigo membuat tubuh terasa ditarik dari satu sisi ke sisi lain dan sering diperparah dengan sensasi berputar.
Tergantung pada penyebabnya, gejala vertigo biasanya meliputi mual dan gangguan keseimbangan yang disertai dengan sakit kepala, peka terhadap cahaya, nyeri otot, dan kelelahan.
Beberapa kondisi yang menyebabkan vertigo seperti penyakit Meniere biasanya diiringi dering di telinga, gangguan pendengaran, atau tekanan di telinga.

Penyebab
Penyebab paling umum dari vertigo adalah gangguan sistem vestibular yang umum disebut pula sebagai benign paroxysmal positional vertigo (BPPV).
Dalam kasus BPPV, timbunan kalsium di telinga bergerak dari posisi normal di kepala ke kanal semisirkularis posterior.
Penyebab lain vertigo adalah sindrom Cogan di mana jaringan ikat di kornea meradang, dan penyakit Meniere yang disebabkan oleh perubahan tekanan cairan yang terdapat di telinga bagian dalam.
Dalam beberapa kasus, penggunaan berlebihan obat tertentu seperti antibiotik, antineoplastics, dan antidepresan dapat menyebabkan ototoxicity atau keracunan telinga yang memicu vertigo.
Penyebab lain vertigo meliputi gangguan sistem vestibular sentral yang meliputi migrain, trauma kepala, tumor, multiple sclerosis, dan stroke.

Pengobatan
Pengobatan vertigo difokuskan untuk mengobati kondisi yang mendasarinya.
Jika disebabkan oleh obat, menghentikan penggunaannya biasanya cukup untuk menghilangkan vertigo.
Jika disebabkan oleh BPPV, pengobatan paling efektif adalah melalui prosedur reposisi canalith, yang juga dikenal sebagai manuver Epley.
Prosedur ini melibatkan serangkaian manuver (menggerakkan) kepala untuk memindahkan deposit kalsium dari saluran semisirkularis posterior ke bagian lain saluran telinga dalam.
Vertigo juga bisa diobati melalui terapi rehabilitasi vestibular yang melibatkan serangkaian latihan khusus yang dipandu oleh seorang terapis fisik yang dirancang untuk meminimalkan pusing.
Efektivitas terapi tergantung pada berbagai faktor, termasuk usia dan kondisi kesehatan pasien, tingkat keparahan kondisi, dan fungsi kognitif pasien.
Jika vertigo disebabkan oleh infeksi bakteri, obat tetes telinga antibiotik mungkin diresepkan.
Jika disebabkan oleh penyakit Meniere, mengambil diuretik dan mengurangi konsumsi garam dapat membantu mengurangi keluhan.
Terakhir, konsultasikan dengan dokter mengenai perawatan yang terbaik. Setiap individu mungkin memiliki kasus yang berbeda dan membutuhkan jenis perawatan yang berbeda pula
 http://www.amazine.co/11302/tips-anti-vertigo-gejala-penyebab-dan-pengobatan-vertigo/

Untuk Mengurangi Rasa Takut, Wanita Harus Nonton Film Horor

Vemale.com - Film horor bukanlah film yang disukai kaum wanita. Namun Anda yang sering takut dengan beberapa hal, bisa mengatasi rasa itu dengan menonton film horor.

Memang sih.. film horor itu menyeramkan, bikin tidak bisa tidur nyenyak bahkan membuat beberapa wanita menangis saat menontonnya. Namun ada efek baik dari jeritan dan rasa seram selama menonton film horor. Dilansir oleh Geniusbeauty.com, menonton film thriller dan film horor ternyata memberi efek yang menguntungkan bagi wanita.

Anda mungkin takut dengan kecoa, takut dengan hantu atau takut dengan suara-suara di malam hari, semua itu bisa Anda minimalkan dengan menonton film horor. Saat Anda menonton film horor, tubuh dalam kondisi lebih siaga, karena film menyeramkan akan mengaktifkan tubuh dalam kondisi siap tempur dari serangan adegan seram.


Salah satu adegan Insidious 2 | Foto: mondocine.netSalah satu adegan Insidious 2 | Foto: mondocine.net

Sinyal ancaman itu akan diproses oleh hypothalamus, yaitu bagian dari otak yang berhubungan dengan sistem kelenjar tubuh. Sinyal ini akan menghasilkan adrenalin, yang membuat Anda berada dalam titik lebih berani dibanding sebelumnya. Sehingga tubuh akan mendapatkan manfaat positif, bahwa sebenarnya Anda bisa mengatasi rasa takut tersebut.

Jika terus dilatih, tubuh Anda akan lebih sigap saat menghadapi ancaman, tenang dan mengurangi trauma, fobia atau rasa takut.

Sudah siap nonton film horor? Saran kami.. Insidious 1 dan Insidious 2 bisa jadi tontonan horor yang menyenangkan.

Kursi Ini Dikutuk, Siapapun Yang Duduk di Sana Akan Terbunuh



Vemale.com - Pernah mendengar benda terkutuk yang bisa menyebabkan kematian? Kursi ini salah satunya, bahkan letaknya diamankan agar tidak ada lagi korban meninggal setelah duduk di sana.
Pada tahun 1702, seorang pria bernama Thomas Busby dihukum mati karena kasus kejahatan. Permintaan terakhir Thomas sebelum menjalani hukuman gantung adalah makan di tempat kesukaannya, yaitu Thirsk, Inggris. Setelah menyelesaikan makannya, Thomas berdiri dari kursinya dan mengatakan:
"Siapapun yang duduk di kursi ini akan mengalami kematian mendadak,"
Hal ini terjadi bersamaan dengan Perang Dunia II. Banyak tentara yang duduk di kursi tersebut dan tidak pernah kembali lagi, kemungkinan besar mereka tewas dalam perang. Kursi itu tetap ada di rumah makan selama puluhan tahun. Masyarakat sekitarlah yang menyadari bahwa kutukan Thomas sebelum menjalani hukuman gantung memang terjadi.
Korban berjatuhan karena duduk di kursi terkutuk
Pada tahun 1967, dua pilot Royal Air Force duduk di kursi tersebut, mereka mengalami kecelakaan dan meninggal setelah truk yang ditumpangi menabrak pohon. Di tahun 1970, seorang tukang sengaja menguji nasibnya dengan duduk di kursi tersebut. Tidak perlu menunggu waktu lama, dia meninggal sore hari karena jatuh ke dalam lubang pembangunan.

Foto: parascientificaFoto: parascientifica
Setahun kemudian, seorang tukang atap tidak sengaja duduk di kursi kutukan tersebut. Tak berapa lama, dia meninggal karena atap yang diperbaiki runtuh. Seorang korban lain adalah tukang pengirim barang yang mengantar paket ke rumah makan dan meninggal pada hari yang sama karena kecelakaan mobil.
Masuk museum dan digantung agar tidak ada yang duduk
Masih banyak korban lain yang meninggal setelah duduk di kursi kutukan tersebut. Dengan banyaknya korban meninggal, kursi di rumah makan tersebut diberi nama Busby's Chair atau kursi Thomas Busby. Kursi ini juga disebut kursi kematian.
Pihak rumah makan Thirsk tidak ingin lagi mengalami kejadian menyeramkan, sehingga Busby's Chair diserahkan pada sebuah museum di tahun 1972. Agar tidak terjadi kematian akibat kursi tersebut, pihak museum menggantung Busby's Chair sekitar 1,5 meter. Tujuannya, supaya tidak ada yang duduk di Busby's Chair, baik sengaja atau tidak.
Anda percaya dengan kisah ini, ladies? (vem/yel)

Mengurus Kartu SBY-care BPJS



Kalau apa yang dikutip Kompas.com dari Bloomberg bahwa program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan disamakan dengan Obamacare di Amerika, maka kita bisa namakan BPJS Kesehatan dengan nama "SBY-care". Kata Bloomberg lagi, program BPJS Kesehatan ini ditunggu dunia keberhasilannya karena program serupa di Amerika tidak berjalan mulus. BPJS-nya Indonesia akan menjadi asuransi kesehatan terbesar di dunia jika pada 1 Januari 2019 mendatang, seperti direncanakan, akan mencakup seluruh warga negara Indonesia.
Orang Indonesia mana yang tidak bangga mendapat pujian dari media asing tersebut. "Dunia menunggu" adalah sebuah istilah yang menggambarkan betapa kini bangsa Indonesia menjadi acuan, meskipun Indonesia bukan pionir, dalam keberhasilan sebuah negara menjamin kesehatan warga negaranya tanpa terkecuali.

Saya termasuk orang yang antusias dengan program ini. Program lintas pemerintah (dari Megawati ke SBY), lintas periode (dari Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 1 ke Jilid 2) menggambarkan betapa panjangnya waktu yang dibutuhkan pemerintah untuk memulai BPJS Kesehatan yang resmi berlaku 1 Januari 2014. Sebagai warga negara saya merasa bertanggung jawab untuk mensukseskan program ini.

Itulah yang saya lakukan hari ini. Tanpa pikir panjang saya berniat untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan. Berbekal informasi di media cetak dan online tentang tetek bengek persyaratan, maka saya pun menyiapkan semua persyaratan itu dengan lengkap.

Meluncurlah saya dengan angkutan kota ke kantor cabang BPJS Kesehatan (sebelumnya PT Askes). Karena sekarang saya sedang bermukin di Kota Surabaya, maka saya mendatangi Kantor Cabang Utama BPJS Kesehatan Surabaya di Jl. Raya Dharmahusada Indah No.2. Turun dari angkot saya melihat kantor masih sepi. Tapi ini mungkin karena saya datang terlalu pagi, belum tepat pukul 08.00 WIB. Saya lihat tenda sudah terpasang dengan deretan kursi. Hari biasa tidak seperti ini.

13887513711552939769
Sumber: Gambar 1. Kantor Cabang BPJS Kesehatan Surabaya


Di depan deretan kursi itu terdapat meja petugas yang ditemani beberapa orang yang mengisi formulir. Yang pertama saya tanyakan adalah apakah boleh saya mendaftar di kantor cabang ini sementara domisili KTP saya bukan wilayah Jawa Timur. "Boleh" kata petugas dan hati saya lega mendengarnya. Maka saya ambil formulir pendaftarannya dan saya isi.

Dari informasi di media saya tahu bahwa peserta BPJS ini dibagi dua: penerima bantuan iuran (PBI) dan non-PBI (selengkapnya baca: Tanya Jawab BPJS Kesehatan). Untuk kategori non-PBI dibagi lagi menjadi (1) penerima upah dan (2) non-penerima upah. Kategori pertama adalah mereka yang sebelum BPJS mendapat asuransi dengan dipotong upah bulanannya. PNS dan keluarganya, TNI/Polri dan keluarganya, serta pegawa swasta yang ditanggung Jamsostek. Mereka ini tinggal mengalihkan saja asuransinya terdahulu menjadi BPJS.

Kategori kedua adalah mereka yang bukan termasuk kategori penerima upah. Yang termasuk dalam golongan ini adalah pengusaha, investor, dan yang bekerja tanpa upah bulanan. Saya mengukur diri, masuk di manakah saya.

Tentu yang paling enak adalah menjadi PBI yang premi iurannya dibayar oleh pemerintah. Tapi saya tahu ini sangat rumit. Terbukti ketika saya tanyakan kepada petugas apakah saya bisa mendaftar PBI, sang petugas mengatakan "Itu urusannya Dinas Kesehatan". Berdasarkan pengalaman saya, kalau sudah berurusan dengan birokrasi pemerintah, pasti dipersulit. Lagipula saya tidak mau pura-pura miskin dengan membuat surat miskin.

Gugurlah peluang menjadi peserta PBI. Maka peluang saya tinggal menjadi peserta non-PBI dengan dua kategori tadi, penerima upah dan bukan penerima upah. Berhubung saya masih pengangguran, maka jelas tidak mungkin saya menjadi peserta penerima upah. Setelah mengukur diri sendiri dan melihat kenyataan yang ada, maka saya otomatis harus mendaftar sebagai peserta non-PBI non-penerima upah.

Pada peserta kategori ini, premi asuransi harus dibayar sendiri alias mandiri. Terdapat tiga level tingkat premi berdasarkan kemampuan ekonomi: (1) 59.500 (2) 42.500 (3) 25.500. Premi ini adalah perorang perbulan. Karena saya sadar kemampuan keuangan saya, maka saya sudah tidak bisa mengelak untuk masuk kategori premi tingkat tiga alias paling murah.

Lantas saya mengisi formulir pendaftaran untuk diri saya sendiri, bukan keluarga. Saya lalu masuk ke dalam kantor untuk mengikuti tahap selanjutnya. Berhubung sudah banyak antrian di dalam (padahal waktu buka resmi adalah pukul 08.00), maka saya mengambil nomor antrian dari pak satpam. Beginilah kira-kira tahap pendaftaran yang harus kita lalui:

1388751594960817165
Sumber: Gambar 2. Alur pendaftaran
1. Verifikasi
Pada tahap ini kita menyerahkan formulir yang sudah terisi beserta dokumen pendukungnya. Berhubung saya mendaftar sendiri, bukan keluarga, saya cukup membawa pasfoto 3x4 satu lembar, fotokopi KTP, dan fotokopi Kartu Keluarga. Bagi pendaftar yang anggota keluarganya ada yang belum mempunyai KTP, harus menyertakan fotokopi akta kelahiran. Pada tahap ini kita ditanyai pilihan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang ada di daerah cakupan layanan kantor cabang. Fasilitas kesehatan tingkat pertama adalah puskesmas dan dokter keluarga. Berhubung wilayah layanan kantor cabang BPJS Kesehatan Surabaya meliputi Kota Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo, maka kita harus memilih puskesmas/dokter keluarga yang beralamat di tiga daerah ini. Tidak bisa misalnya kita memilih puskesmas di Jakarta atau Papua.

2. Pengambilan Nomor Virtual Account
1388751673537701597
Sumber: Gambar 3. Lembar Virtual Account


Setelah selesai tahap (1), maka kita kemudian berlanjut ke tahap pengambilan Nomor Virtual Account (NVA). Tahap ini boleh dibilang paling memakan waktu. Selain petugas yang belum cekatan, terdapat juga kendala teknis berupa leletnya komputer. Jadi untuk melayani satu orang, petugas butuh waktu hingga 10 menit. Bayangkan betapa lelahnya menunggu. Pada tahap ini informasi diri kita yang telah diverifikasi pada tahap (1) akan dimasukkan ke dalam komputer. Setelah semua data masuk, maka petugas akan memberikan kepada kita selembar kertas berisi NVA dari tiga Bank. NVA ini berguna ketika kita membayar premi bulanan.

3. Pembayaran Premi Pertama
1388751817374521143
Sumber: Gambar 4. Suasana kantor layanan BPJS Kesehatan Suarabaya


Sebagaimana sudah saya katakana sebelumnya, saya termasuk kategori pembayar premi mandiri. Maka, setiap bulan saya harus membayar premi melalu bank pemerintah. Bank pemerintah itu adalah Mandiri, BNI, dan BRI. Pembayaran premi bulan pertama dilakukan di kantor cabang itu langsung. Kebetulan Bank yang ditunjuk adalah Mandiri. Untuk pembayaran bulan selanjutnya, kita bisa memilih kedua bank lainnya.

Maka saya pun membayar sebesar 25.500 rupiah. Pihak bank lalu memberikan bukti transfer kepada kita.

4. Pengambilan Kartu
Usai mendapatkan bukti transfer, kita menyerahkannya kepada petugas loket "pengambilan kartu". Kita menunggu nama kita dipanggil untuk mendapatkan kartu yang langsung dicetak saat itu juga. Kembali, waktu pelayanan untuk satu orang sangat lama. Dalam kasus saya, waktu menunggu panggilan memakan waktu 1,5 jam.

Tapi saya harus memberikan apresiasi kepada petugas loket ini yang kebetulan laki-laki. "Sampeyan gak Jumat'an ta?" kata petugas loket perempuan di sampingnya. Sang petugas memilih tidak menunaikan kewajibannya untuk Shalat Jumat demi melayani peserta. Bisa dibayangkan seandaiya petugas itu Shalat Jumat, waktu tunggu dapat molor lebih lama lagi. Jadi saya mengapresiasi petugas loket ini.

Tibalah giliran nama saya dipanggil. Beruntung waktu penyerahan kartu saya tidak sampai memakan waktu lima menit. Sedangkan orang lain bisa 10 menit lebih. Pukul 12.35, kartu BPJS saya terima dengan wajah sumringah.

Dihitung-hitung, total waktu sejak saya melangkahkan kaki di kantor BPJS Kesehatan hingga menerima kartu adalah selama 4 jam 40 menit. Padahal saya sudah datang sebelum pukul 08.00. Saya mendapat nomor urut 195 dan nomor urut paling awal adalah 160-an (nomor urut berlanjut sejak hari pertama). Jadi saya adalah orang ke-30 yang mendaftar hari itu. Bisa dibayangkan jika Anda adalah orang ke 40, 50, 60. Saya yakin kartu akan diambil keesokan harinya.

Saran saya, datanglah cepat jika tidak ingin menunggu waktu lama!

Tak Takut Sakit
1388751974758541678
Sumber: Gambar 5. Kartu BPJS Kesehatan


Setelah kartu dalam genggaman, saya pulang kembali dengan angkot. Mulai saat ini saya tidak perlu lagi takut untuk sakit. Meski jauh dari kampung saya tidak perlu khawatir soal biaya. Tentu saya harus membayar premi dengan rutin sebesar 25.500 rupiah. Harus perbulan, tidak bisa bayar sekaligus untuk beberapa bulan. Pembayaran harus dilakukan dari tanggal 1 hingga 10 tiap bulannya. Apabila telat, siap-siaplah menanggung denda.

Saya awalnya berpikir pembayaran perbulan ini merupakan kekurangan sistem BPJS Kesehatan. Mengapa tidak bisa dibayar sekaligus untuk beberapa bulan. Tapi barangkali BPJS ingin pesertanya seperti membayar listrik atau air yang dilakukan tiap bulan sehingga kita tidak mudah lupa menunaikan kewajiban. Bayar empat bulan ke depan, tapi karena lupa, kita telat selama dua bulan. Entahlah, saya belum bisa menilai ini sebagai kekurangan atau justru nilai plus karena masih tahap uji coba.

Pertanyaanya, mahalkah 25.500 perbulan itu untuk sebuah asuransi kesehatan? Kalau dihitung-hitung, setahun saya akan membayar sebesar 300 ribu lebih. Ini tentu nominal uang yang cukup lumayan. Tapi dengan kartu BPJS, saya bisa mendapat pengobatan gratis sebagaimana ketika saya dulu ditanggung Askes orang tua.

Sekali lagi, saya bangga sekali menjadi menjadi bagian dari apa yang ditunggu dunia (seperti yang dikatakan Blommberg). Tapi lebih dari itu inilah ejawantah dari cita-cita prinsip keadilan sosial yang selalu kita ucapkan dalam sila Pancasila. Sebuah cita-cita yang baru terwujud setelah merdeka hampir 70 tahun.

Tidak bisa tidak, pujian harus diberikan kepada Presiden SBY atas upayanya ini. Seperti biasa, tidak ada puja-puji dari media kepada SBY. Tidak seperti ketika Jokowi misalnya dengan Kartu Jakarta Pintar-nya yang terkesan dipaksakan hingga Askes harus turun tangan itu.

Bagi saya BPJS adalah personifikasi dari karakter SBY yang sangat berhati-hati atau apa yang dikatakan orang sebagai lamban dan ragu-ragu. Bukan sensasi, tapi esensi. Ini slogan Kompasiana yang saya pinjam untuk program BPJS. Program ini dirancang sedemikian rupa hingga menunggu semua perangkat yang dibutuhkan benar-benar siap. Sebagai contoh sederhana, BPJS tidak akan dijalankan seandainya belum berlaku Nomor Induk Kependudukan tunggal yang diamanatkan dalam undang-undang tentang kependudukan.

"Kami bekerjasama dengan Disdukcapil" kata petugas ketika seorang peserta bertanya ihwal pendaftaran. Saya langsung berpikir, seandainya tidak ada NIK tunggal, barangkali saya bisa membuat kartu BPJS baru di manapun. Kalau saya telat bayar premi, maka saya bisa buat baru. Sebagaimana dulu kita bisa buat KTP ganda.

Sudah hampir lima tahun saya di Kompasiana. Banyak sekali kritik saya terhadap SBY terutama soal sikap peragunya itu. Tapi harus saya akui, jika SBY latah hanya untuk keuntungan populis, bisa dipastikan BPJS Kesehatan akan amburadul. Tidak hanya seperti KJS dalam contoh kecil, tapi bisa juga senasib dengan Obamacare di Amerika yang penuh penolakan.

Saya kira, inilah prestasi terbesar SBY dalam pemerintahannya. Beberapa bulan lalu, Rhenald Kasali pernah menulis opini sarkastis terhadap SBY di harian Kompas. Menurut Guru Besar UI ini, dalam 10 tahun SBY berkuasa, dia hanya menghasilkan dua perubahan besar. Perubahan itu adalah perdamaian Aceh dan konversi BBM ke gas. Itupun terjadi di KIB jilid 1 dengan peran Jusuf Kalla yang besar untuk dua perubahan itu.

Rhenald tentu salah hitung karena nyata-nyata SBY belum berkuasa selama 10 tahun. Saya juga tidak yakin kalau dia lupa bahwa pada 1 Januari 2014 BPJS Kesehatan akan diluncurkan. Saya berpikir positif saja bahwa Rhenald barangkali sengaja menulis opininya itu sebelum peluncuran BPJS. Jika kritik itu dilakukan sekarang, banyak orang akan meragukan intelektualitasnya karena menyangkal BPJS sebagai perubahan besar di era-SBY.

Aduh, mengapa saya jadi memuji SBY begini?

Mungkin inilah efek sukacita tidak terkira yang saya rasakan. Bahkan ketika menulis ini, perut saya sudah bunyi "kriuk-kriuk" sebagai pertanda minta makan. Padahal saya mengidap asam lambung. Tapi saya kesampingkan semua itu demi menulis ini. Ah, kalau sakit tinggal pergi ke dokter. Kan gratis! Hehehe

Mudah-mudahan dengan adanya BPJS ini siapun kini tidak perlu takut untuk menjadi sakit. Toh kata dokter, rasa cemas dan stress (salah satunya karena takut mahalnya biaya berobat) justru dapat memperbesar risiko sakit itu sendiri.

Ayo kita sukseskan program BPJS Kesehatan. Siapapun dia, baik yang kaya maupun miskin, penyakitan maupun bugar, segera mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Saat ini dunia sedang menunggu kita!


Penulis : Samdy Saragih Bac

 http://m.kompasiana.com/post/read/623840/3

Minyak Kelapa untuk Melembabkan Kulit sampai Atasi Jerawat



Minyak kelapa atau coconut oil terkenal memiliki banyak manfaat, termasuk berfungsi bagi kecantikan. Minyak alami tersebut dapat melembabkan kulit yang kering sampai mengatasi jerawat. Tidak sampai di situ, berikut ini beberapa manfaat lain minyak kelapa bagi kulit.

1. Make Up Remover
Minyak kelapa ternyata dapat digunakan untuk menghapus riasan pada wajah. Caranya mudah, tuangkan minyak kelapa di telapak tangan Anda, usapkan secara merata di wajah dan hati-hati jangan sampai terkena mata. Setelah itu, basuhlah wajah Anda dengan handuk dan air hangat. Minyak kelapa adalah bahan alami yang aman dipakai untuk membersihkan wajah Anda, tanpa efek samping.

2. Memutihkan Dengkul dan Siku Anda
Bagi Anda yang memiliki masalah siku atau dengkul yang menghitam, jangan khawatir. Minyak kelapa dapat membantu Anda untuk memutihkan bagian tersebut. Ambilah satu sendok teh jus lemon dan setengah sendok teh minyak kelapa, campurkan kedua bahan di tangan Anda lalu usapkan ke bagian siku dan dengkul selama 10-15 menit. Manfaat lainnya adalah, minyak kelapa dapat menjadi pelembab kulit alami.

3. Merawat Kulit Kepala
Ternyata tidak hanya untuk kulit tubuh saja. minyak kelapa berkhasiat juga untuk kulit kepala. Jika Anda memiliki masalah di kulit kepala seperti gatal, berminyak, kering dan sebagainya usapkan minyak kelapa setelah keramas, pijat secara perlahan diamkan selama 10-15 menit setelah itu bilas hingga bersih.

4. Pelembab Untuk Shaving
Anda kehabisan krim untuk shaving atau mencukur bulu? Gunakanlah minyak kelapa sebelum Anda shaving. Selain membuat lebih lembab, minyak kelapa juga bisa membuat kulit Anda halus dan lembut setelah shaving.

5. Pelembab
Menjadikan minyak kelapa sebagai pelembab merupakan keputusan yang baik. Minyak kelapa merupakan bahan alami yang tidak mempunyai efek samping serta mudah meresap ke dalam kulit. Usapkan minyak kelapa ke bagian tubuh yang Anda inginkan setelah mandi dan sebelum Anda beraktifitas.

6. Kondisioner
Setelah menggunakan shampo, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa yang telah dicampur dengan minyak zaitun atau madu untuk memberikan kelembaban maksimal pada rambut dan kulit kepala Anda. Diamkan selama tiga sampai lima menit, lalu bilas kembali hingga bersih. Fungsinya untuk melembabkan rambut yang kering dan mengatasi masalah rambut pecah-pecah.

7. Pelembut Kutikula
Apakah Anda melakukan manicure dan pediure sendiri di rumah? Jika iya Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk pelembab kuku-kuku Anda sebelum di manicure atau di pedicure. Anda juga bisa mengoleskan minyak kelapa di kaki Anda sebelum tidur untuk melemaskan otot-otot kaki Anda setelah Anda seharian beraktivitas.

8. Obat Jerawat
Minyak kelapa mengandung agen mikroba yang akan membunuh bakteri tanpa merusak kulit Anda. Oleskan di beberapa titik jerawat. Banyak orang yang menyarankan untuk mencapurnya dengan beberapa makanan atau minuman untuk proses penyembuhan jerawat yang lebih cepat dari dalam. (sumber : wolipop.detik.com)

Hati-Hati, Radiasi Ponsel Picu Kanker Payudara



Jangan kira radiasi ponsel Anda tak memiliki efek buruk bagi tubuh. Kenyataannya, radiasi ponsel bisa memengaruhi tubuh, dan salah satu efek terburuknya ialah kanker payudara. Mau bukti?

Ya, sebuah studi terbaru telah menimbulkan kekhawatiran dimana ditemukan adanya hubungan antara paparan radiasi ponsel dan kanker payudara pada wanita muda.

Untuk mendapat hasil studi itu, tim peneliti, yang dipimpin Dr. Lisa Bailey, mantan presiden dari Divisi California American Cancer Society dan salah satu ahli bedah payudara top California, memelajari empat wanita muda berusia 21 sampai 39 tahun yang terkena kanker payudara invasif multifokal.

Para peneliti mengamati, semua pasien mengembangkan tumor di daerah payudara di sebelah mereka sering membawa ponsel mereka, sekira 10 jam per hari selama beberapa tahun. Kemudian juga peneliti menemukan tak ada pasien yang memiliki riwayat keluarga kanker payudara. Mereka semua diuji negatif untuk BRCA1 dan BRCA2 , gen kanker payudara yang memunculkan kanker dan mereka tak memiliki risiko lain dari sebuah kanker payudara.

Penggambaran kanker payudara itu, tim peneliti mengungkapkan ada pengelompokan beberapa fokus tumor di bagian payudara tepat di bawah mereka biasanya menaruh ponsel dan menyentuh tubuh mereka. Demikian seperti dilansir Naturalnews.

Tiffany Frantz, salah satu dari wanita muda terlibat dalam penelitian ini, mengatakan bahwa dia tak tahu risiko akibat menaruh ponsel sampai seperti ini. "Saya menaruh ponsel saya, tepat di bra,"katanya dalam sebuah wawancara TV. Namun, ibunya Traci Frantz segera membuat langkah yang tepat setelah Tiffany terdiagnosis kanker payudara pada usia 21. "Kami tidak pernah menganggapnya serius sampai setelah ia didiagnosis. Letak tumornya, persis dimana ponselnya suka disimpan dalam bra-nya selama sekira enam tahun. Tidak ada yang pernah mengatakan kepada kami bahwa menyimpan ponsel di bra bisa menyebabkan kanker payudara,"jelas Traci Frantz.

Akhirnya ahli bedah pun harus mengoperasi payudara kiri Tiffany, yang mana secara riwayat keluarga ia tak memiliki faktor risiko genetik atau lainnya. (sumber : okezone.com, penulis Qalbinur Nawawi)

5 Tips Mencegah Perut Membuncit



Perut buncit memang bisa jadi bencana tersendiri dan salah satu penyebabnya adalah makanan. Karenanya, coba lima cara berikut ini untuk mencegah perut buncit.

1. Pilih makanan kaya potasium
Potasium dapat membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, sehingga perut tidak mudah kembung. Ada begitu banyak makanan dengan kandungan potasium yang tinggi, yang bisa jadi pilihan sehari-hari. Di antaranya adalah buah melon, mangga, hingga sayur-sayuran seperti bayam, tomat, asparagus, dan kacang-kacangan.

2. Hindari soda
Minuman juga dapat membuat perut Anda semakin buncit. Jeannie Gazzaniga-Moloo, RD, jurubicara American Dietetic Association, menganjurkan Anda untuk lebih sering minum air putih dan menjauhi minuman berkarbonasi. Sebab, jenis minuman terakhir dapat membuat perut jadi kembung sehingga bentuknya jadi membuncit.

3. Batasi gula
Sebagian orang mengalami masalah dalam mencerna gula buatan, sehingga dapat menimbulkan gas dan gangguan seperti diare, begitu kata Patricia Raymond, MD, ahli gastroenterologi dari Chesapeake. Jika Anda curiga Anda adalah salah satunya, lebih baik kurangi asupan gula dan carilah dalam bentuk yang lebih alami.

4. Antisipasi PMS
Jika Anda cenderung merasa lebih "bengkak" sebelum atau semasa sedang haid, pastikan Anda mendapatkan asupan kalsium dan magnesium yang cukup setiap harinya. Keduanya dapat membantu meredakan gejala PMS (pre-menstrual syndrome), yang salah satunya adalah perut kembung dan buncit.

5. Konsumsi probiotik
Probiotik/ Bakteri "baik" ini dapat dikonsumsi secara teratur dan bisa menjauhkan Anda dari perut kembung dan buncit, kata Gazzaniga-Moloo. Bahkan, konsumsi bakteri "baik" juga dapat membantu wanita dengan gangguan irritable bowel syndrome, yang gejalanya meliputi nyeri perut, kembung, sembelit, serta diare.

Sumber probiotik yang baik misalnya terdapat dalam yoghurt, tempe, kimchee, butter milk, krim asam (sour cream), sourdough bread (roti dari adonan yang difermentasikan hingga asam) dan keju cottage (cottage cheese).

Disamping mengkonsumsi makanan sumber probiotik, kita juga perlu mengkonsumsi makanan prebiotik, yang menjadi nutrisi bagi "bakteri baik".

Secara alami senyawa prebiotik terdapat dalam makanan yang banyak mengandung serat seperti biji-bijian; sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan sayuran daun hijau; serta buah-buahan. Produk olahan kedelai seperti tempe, tahu, dan taoco, kaya akan senyawa prebiotik. Senyawa prebiotik tersebut juga banyak terdapat dalam tepung terigu dari gandum berkulit ari (whole wheat flour), bawang bombai, dan bawang putih.

Allah masih sayang kepada kita, tatkala kita bermaksiat ... inilah bukti betapa besar Kasih Sayang-Nya kepada kita

....

1. Allah masih menutup aib kita, .. seandainya Allah membongkar satu saja dosa/aib kita maka betapa malunya kita ...

2. Allah tidak langsung mengadzab kita, .. seandainya Allah langsung mengadzab setiap dosa yang kita lakukan tentu kita tidak akan bisa hidup diatas muka bumi ini .. tentu kita akan segera binasa sebelum sempet bertaubat ...

3. Bahkan Allah masih terus memberikan rezki kepada kita... bahkan terkadang ditambah rizki kita, apakah kita tidak malu ..? Bermaksiat tapi terus dibaiki oleh Allah ...??

4. Allah selalu memberi kesempatan bertaubat bagi kita ... bahkan hingga nafas terakhir kita ...

5. Bahkan Allah sangat gembira pada hamba-Nya yang bertaubat...(padahal baru saja sang hamba tenggelam dalam kemaksiatan) .. Subhanallah .. alangkah lembutnya kasih sayang Allah kepada hamba-Nya ...

6. Allah juga memberi ganjaran besar bagi kita yang bertaubat... lantas .. kenapa kita masih menunda taubat ..?, kenapa masih beristigfar tapi dengan hati lalai ..? Apakah kita akan terus demikian hingga Allah cabut rahmat-Nya sehingga kita meninggal dalam keadaan penuh berlumuran dosa ... Na'udzubillahi mindzalik ..!

--- Nasehat Untuk Diri ---

Follow by Email

Daftar Blog

Silahkan Menjadi Follower Dan Dapatkan Info Yang Bermanfaat