Mencegah Gangguan Prostat


Pria yang telah berusia lanjut sering mengeluhkan tidak bisa menahan buang air kecil. Keinginan untuk kencing, terutama di malam hari, terus muncul. Gejala tersebut perlu diwaspadai. Apalagi bila frekuensi kencing cukup tinggi dan diiringi gejala lain, seperti air seni sulit keluar dan terasa sakit.

Banyak pria usia lanjut yang mengalami gejala-gejala tersebut. Setelah diperiksa ternyata mengalami gangguan pada prostatnya. Gangguan ini mayoritas dialami oleh pria berusia di atas 40 tahun.
Prostat adalah kelenjar seks pria yang terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi saluran kencing (uretra).

Ukuran organ ini sebesar biji kemiri dengan diamater empat sentimeter. Semakin bertambah usia, ukuran prostat akan semakin membesar. Pada pria usia 25-30 tahun prostat mencapai berat maksimal, sekitar 25 gram.

Prostat memegang peranan sangat penting dalam memproduksi cairan mani. Ada beberapa permasalahan yang sering terjadi pada prostat. Menurut beberapa referensi, sekitar 90 persen laki-laki yang berusia 40 tahun ke atas mengalami gangguan berupa pembesaran kelenjar prostat. Inilah yang biasa disebut hiperplasia prostat jinak atau BPH (benign prostate hyperplasia).

Bila gangguan ini muncul, harus segera diatasi karena bisa berlanjut pada radang prostat. Dan jika tidak juga diobati, bisa menjadi kanker prostat. Ini bisa terjadi jika asupan makanan yang mengandung betakaroten, lignan, dan vitamin E, rendah.

Pada tahap awal, gangguan prostat ditandai dengan rasa nyeri di bagian bawah perut terutam bila menahan kencing. Rasa sakit ini sampai menyebabkan keluarnya keringat dingin.

Gejala lainnya adalah aliran air seni kurang lancar dan tidak tuntas. Sehingga keinginan untuk buang air kecil tinggi. Dalam sehari semalam bisa 10-20 kali buang air kecil. Kemudian demam dan berat badan merosot drastis. Gejala ini biasanya muncul setelah gangguan pada prostat semakin memburuk dan berkembang menjadi radang prostat (prostatis).

Untuk menghindari gangguan prostat, pria berusia 40 tahun ke atas perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Menjalankan pola hidup sehat. Cara yang paling sederhana adalah mengonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan yang penting bagi prostat, seperti tomat, avokad, dan kacang-kacangan. 

2. Cukupi kebutuhan lemak esensial. Asam lemak omega 3, dan mineral seng dapat mengurangi gejala gangguan prostat. Makanan yang kaya akan katekin terutama epigalokatekin galat (epigallocatechinsgallate), selenium, sulforafan, dan vitamin C mendorong kemampuan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan racun pencetus kanker (karsinogenik). Tidak hanya itu, zat-zat tersebut juga meningkatkan pembentukan enzim penumpas sel tumor dan kanker, termasuk kanker prostat.

3. Seringlah mengonsumsi kubis-kubisan. Beberapa hasil penelitian menyebutkan, pria yang sering mengonsumsi kubis-kubisan kurang berisiko mendapatkan gangguan prostat. 

4. Periksakan kesehatan prostat secara rutin ke dokter. Ini untuk mengantisipasi munculnya gangguan pada prostat. Jika ditemukan problem, maka bisa segera diobati. 

( jar/dari berbagai sumber )



Pada laki laki muda, ukuran kelenjar prostat hanya sebesar buah kenari. Selanjutnya seiring dengan pertambahan usia, kelenjar prostat pun ikut membesar. Pembesaran kelenjar prostat yang berlebihan disebut dengan benign prostatic hypertrophy (BPH), tapi kondisi ini tidak berhubungan dengan kanker prostat. Baik BPH maupun kanker prostat memiliki gejala yang mirip yaitu sama sama susah untuk buang air kecil.

Lalu, apa yang dimaksud dengan kanker prostat?


Kanker prostat adalah kanker atau keganasan yang berasal dari sel sel di dalam kelenjar prostat. Pertumbuhan kanker sendiri berlangsung sangat lambat atau bertahun tahun. Selama itu, pasien hampir tidak merasakan gejala apa apa. Pada stadium lanjut, sel sel kanker dapat menyebar ke jaringan di sekitar prostat (penyebaran lokal). Disamping penyebaran lokal, sel sel kanker juga dapat menyebar ke organ yang lain seperti tulang, paru paru dan hati. Penyebaran ini disebut dengan metastase. Pada saat stadium lanjut inilah gejala dan tanda baru bisa dirasakan dan dilihat.

Mengapa kanker prostat begitu penting?

Kanker prostat merupakan penyakit kanker pembunuh nomor 2 pada laki laki setelah kanker paru paru. Para ahli menyarankan, laki laki yang berumur diatas 40 tahun wajib melakukan deteksi dini terhadap kanker prostat.

Apakah penyebab kanker prostat?

Seperti halnya kanker yang lain, penyebab pasti kanker prostat juga belum bisa diketahui. Tapi yang jelas, kanker prostat tidak ada hubungannya dengan BPH. Beberapa faktor resiko yang diduga berhubungan dengan kanker prostat antara lain, umur, genetik (keturunan), gangguan


Apa saja tanda dan gejala kanker prostat?
Pada stadium awal, kanker prostat dapat tanpa gejala sampai beberapa tahun. Pada masa ini, kanker prostat umumnya ditemukan secara tidak sengaja pada saat dokter melakukan pemeriksaan colok dubur untuk memeriksa organ lain. Prostat yang terkena kanker akan teraba berbenjol benjol (nodul) saat dilakukan pemeriksaan dengan colok dubur.

Bila kanker prostat sudah semakin membesar maka ia akan menekan saluran urethra sehingga pasien akan mengalami keluhan saat buang air kecil. Keluhan itu antara lain, nyeri saat buang air kecil, keluarnya urine tidak lancar, dan air seni bercampur dengan darah. Pada stadium lanjut, sel sel kanker akan melakukan invasif atau menyebar pada organ di sekitarnya dan metastase atau menyebar ke organ yang letaknya cukup jauh dari prostat. Keluhan yang timbul selanjutnya sesuai dengan lokasi penyebaran dari sel sel kanker tersebut. Pada tulang belakang akan menimbulkan
nyeri pada tulang belakang, pada paru paru akan menimbulkan nyeri dada, sesak dan batuk lama dan bila pada hati akan menimbulkan nyeri perut kanan atas yang disertai dengan kekuningan pada kulit.


Bagaimana pengobatan kanker prostat?

Pengobatan kanker prostat terggantung dari stadium kanker yang dialami pasien. Pilihannya mulai dari pembedahan, kemotherapy dan penyinaran atau radiotherapy. Pembedahan dilakukan pada kanker prostat yang masih kecil dengan mengambil seluruh jaringan prostat sementara kemotherapy dan radiotherapy dilakukan bila pembedahan tidak mungkin dilakukan. Pada kenyataannya, terkadang dilakukan kombinasi antara ketiga pilihan pengobatan tersebut.

Bagaimana cara mencegah kanker prostat?

idak ada patokan pasti untuk mencegah terjadinya kanker prostat. Sampai saat ini deteksi dini kanker prostat masih merupakan jalan yang terbaik. Deteksi dini dilakukan dengan pemeriksaan fisik dan PSA saat laki laki yang mempunyai faktor resiko sudah menginjak usia 40 tahun. Mengenai makanan, para ahli menyarankan untuk menghindari makanan yang tinggi lemak dan daging merah. Kacang kedelai juga diduga dapat menghambat pertumbuhan sel sel kanker. Studi terakhir menyebutkan bahwa zat yang terkandung dalam tomat seperti lycopenes, selenium dan vitamin E dapat memperlambat pertumbuhan sel sel kanker tapi studi ini masih perlu dilakukan penelitian lanjutan.

Kelenjar prostat merupakan organ yang terletak tepat di bawah kandung kencing pada laki laki. Organ ini menyelimuti saluran urethra pada bagian pangkalnya. Saluran urethra adalah saluran yang menyalurkan air seni dari kandung kencing ke ujung kemaluan. Salah satu fungsi kelenjar prostat adalah mengendalikan pengeluaran urine dengan cara menekan saluran urethra yang diselubunginya. Fungsi lainnya adalah menghasilkan cairan yang dikeluarkan bersama sperma saat terjadinya ejakulasi. Gabungan antara sel sperma dan cairan prostat disebut dengan semen. hormonal, dan beberapa faktor lingkungan seperti toksin dan polusi. Kemungkinan terkena kanker prostat akan meningkat seiring dengan peningkatan usia.

blog.dokter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog


Silahkan Menjadi Follower Dan Dapatkan Info Yang Bermanfaat