Apakah penyakit jantung merupakan penyakit turunan

Apakah penyakit jantung merupakan penyakit turunan ?



Mohon penjelasannya apakah penyakit jantung dan kencing manis/ sakit ginjal merupakan penyakit menurun? Bila penyakit menurun, seberapa besar kemungkinan menurun kpd anak laki/perempuan? Mohon saran dari dokter bila saya tidak memiliki riwayat penyakit jantung dan ginjal akan menikah dg wanita dimana ayah dan kakak laki-laki wanita tersebut punya riwayat jantung dan gagal ginjal. Terima kasih atas kesempatan dan jawabannya.
-Budi-

Jawaban:
 
Yth. Mas Budi
Terima kasih atas pertanyaannya.
Perlu diketahui bahwa penyakit jantung bukanlah penyakit yang disebabkan karena keturunan. Melainkan disebabkan oleh banyak faktor seperti kebiasaan hidup yang tidak sehat (merokok), stress, kegemukan, DM, hipertensi, dll. Penyakit jantung juga bisa disebabkan karena bawaan lahir, yaitu kelainan pada anatomi jantung sejak masih dalam kandungan.

 
Sementara kencing manis atau dalam bahasa kedokterannya Diabetes Militus (DM) merupakan penyakit menurun. DM diturunkan oleh ibu kepada anaknya, jadi bukan oleh ayah kepada anaknya. DM biasanya menyerang pada usia lanjut (>40 thn), tapi dapat pula timbul pada usia dini.

Pada dasarnya, anak yang lahir dari Ibu yang mengidap DM, maka ia mempunyai bakat DM. Namun, bakat DM bisa tidak muncul bila kita melakukan pencegahan dini (seperti olahraga teratur, mengkonsumsi serat yang cukup, mengurangi konsumsi lemak dan gula, dll). Orang yang normal (tidak memiliki bakat DM), tapi memiliki pola hidup yang tidak sehat, rentan terserang penyakit DM ini (seperti banyak makan gula dan lemak, tidak pernah olahraga, kegemukan, dll). Jadi yang penting adalah menjaga pola hidup kita.

Mengenai sakit ginjal, banyak faktor juga yang mempengaruhi timbulnya penyakit ini seperti banyak mengkonsumsi obat-obatan dan jamu, banyak makan makanan berlemak, hipertensi, DM, sakit gout (asam urat), dll. Kurang minum juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit ini, oleh karena itu, sebaiknya minumlah minimal 2 liter air putih setiap hari (selain air kopi, teh, dll). Penyakit ini juga bukan penyakit turunan, melainkan memang terdapat kelainan/kekurangan dari anatomi ginjalnya.

Jadi, bila calon istri Mas Budi memiliki keturunan/bakat DM, kemungkinan anak-anak anda dapat menderita DM di kemudian hari. Namun harus diingat kembali bahwa penyakit DM ini dapat timbul atau tidak, tergantung pola hidup kita sendiri. Jadi, saran saya Mas Budi tidak perlu khawatir dengan keadaan calon istri anda tersebut.

(Dr. Lian Marliana)
http://konsultasi-dokter.blogspot.com/2011/03/apakah-penyakit-jantung-merupakan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow by Email

Daftar Blog

Silahkan Menjadi Follower Dan Dapatkan Info Yang Bermanfaat