Apakah ini gejala Kanker

Apakah ini gejala Kanker

Dokter, Saat ini saya dipenuhi banyak pertanyaan. Sudah 6 bulan ini ibu saya sering sakit-sakitan. awalnya saya mengira beliau sakit karena terlalu lelah mencari uang. Tapi kondisinya makin parah (sering sakit) ketika adik saya yang berada diluar negeri jarang memberikan kabar. tapi memang sangat sulit untuk membujuk ibu saya untuk melakukan general check up, beliau selalu bilang "takut jadi tambah ga bisa berbuat apa2 kalau sudah ketahuan penyakitnya". Gejala yang dialami ibu saya adalah muntah, nafsu makan tidak ada, hampir setiap hari merasakan sakit kepala sebelah dan kondisi itu terus berulang. Pagi ini saya mendesak ibu saya untuk melakukan general check up. tapi beliau tetap tidak mau. Dokter, apakah benar gejala yang dialami ibu saya adalah gejala kanker darah? Saya sangat membutuhkan jawaban dan advise dari Anda. Demikian, terima kasih atas perhatiannya, Thanks,
- Alena -

Jawab:
Gejala-gejala yang anda sebutkan pada dasarnya adalah gejala yang dimiliki oleh banyak penyakit, termasuk kanker. Kanker sebagai sebuah penyakit memiliki kecendrungan usia tertentu dan secara spesifik hanya menyerang satu organ tertentu. Gejala sistemik (umum) yang dimiliki kanker termasuk penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, dan kelemahan (lethargi), namun gejala ini juga dimiliki oleh penyakit-penyakit sistemik yang non-kanker seperti diabetes mellitus, hipertensi, bahkan kelainan psikologis seperti depresi.

Dari cerita anda bahwa ibu anda sering merasakan sakit kepala sebelah yang disertai muntah dapat dikatakan bahwa ibu anda memiliki gejala migraine. Migraine dapat dianggap sebagai penyakit maupun gejala dari penyakit lain. Sebagai penyakit, migraine sangat dapat ditangani dan dirawat. Hal lainnya yang sebenarnya perlu dilakukan oleh anda adalah meyakinkan bahwa ibu anda memang perlu mengetahui masalah apa yang dialaminya. Semakin cepat kita tahu masalahnya, semakin cepat pula kita menyelesaikannya, bukan begitu?

Saran saya kepada anda adalah untuk berkonsultasi kepada dokter Spesialis Syaraf ( Dokter Neurologi ). Beliau akan memeriksa dan melakukan beberapa tes diagnostik untuk mengetahui apa yang sebenarnya dialami oleh ibu anda. Jadi selamat mencoba dan semoga berhasil.

Terima kasih

- Dr. Noor Hafidz - 

http://konsultasi-dokter.blogspot.com/2010/12/apakah-ini-gejala-kanker.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog


Silahkan Menjadi Follower Dan Dapatkan Info Yang Bermanfaat