Hipertensi Paru – Penyebab dan Faktor Risiko


Hipertensi paru  sebenarnya bukanlah suatu penyakit tersendiri, tetapi lebih ke suatu keadaan yang ditimbulkan oleh penyakit lainnya (atau suatu efek dari penyakit lainnya).

Tetapi karena dalam kebanyakan kasus tidak/belum ditemukan penyebabnya, maka sebagian besar hipertensi pulmonal masuk ke kategori primer / tanpa penyebab.

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai jenis hipertensi pulmonal berdasarkan penyebabnya, silakan KLIK DISINI.

Faktor Risiko Lainnya
Semua orang dari berbagai ras, etnik dan umur bisa terkena hipertensi pulmonal. Walaupun begitu ada beberapa kategori orang yang berisiko lebih tinggi untuk terkena hipertensi pulmonal:

  • Faktor keluarga
Bila dua atau lebih dalam keluarga Anda didiagnosa Hipertensi Pulmonal, maka anggota keluarga yang lain mempunyai faktor risiko untuk terkena PH juga.

  • Sleep apnea dan obesitas
Obesitas sendiri bukanlah faktor risiko, tetapi bila obesitas terjadi bersamaan dengan sleep apnea (gangguan nafas saat tidur dimana terjadi penurunan oksigen level), maka PH bisa terjadi.

  • Jenis Kelamin
Pada Hipertensi Pulmonal Primer (IPAH) dan Familial (HPAH), setidaknya kasus yang terjadi pada wanita 2.5x lebih banyak daripada yang terjadi pada pria.

  • Kehamilan
Kehamilan juga kemungkinan merupakan faktor risiko menurut opini para ahli. Kehamilan merupakan sesuatu yang sebaiknya dihindari pada wanita yang telah didiagnosa PH.

  • Tinggal di dataran tinggi
Tinggal di dataran tinggi selama bertahun-tahun juga merupakan faktor risiko terkena PH. Bagi pasien PH, melakukan perjalanan ke tempat dataran tinggi dapat memperburuk gejala yang ada.

  • Penyakit lainnya
Penyakit lain-lain misalnya penyakit jantung bawaan, paru-paru, liver dan jaringan ikat seperti lupus dan scleroderma juga membuat pasien lebih rentan terkena PH.

  • Obat-obatan dan toksin
Obat-obatan tertentu seperti methamphetamines dan obat diet fen phen telah diketahui dapat menyebabkan PH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog


Silahkan Menjadi Follower Dan Dapatkan Info Yang Bermanfaat