Tanya Jawab Seputar BPJS Kesehatan




Apa itu BPJS?
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah badan hukum publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) sebagaimana diatur dalam UU No. 40 Tahun 2004. BPJS dibentuk berdasarkan UU No. 24 Tahun 2011. BPJS terdiri dari BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.
Apa itu BPJS Kesehatan?
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program SJSN Jaminan Kesehatan atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan merupakan transformasi dari PT Askes (Persero).
Apa hubungan PT Askes (Persero) dengan BPJS?
PT Askes (Persero) akan bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan pada 1 Januari 2014. Maka, 31 Desember 2014 PT Askes (Persero) ditutup dan dilanjutkan oleh BPJS Kesehataan mulai 1 Januari 2014.
Apa itu Jaminan Kesehatan?
Jaminan Kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayari iuarannya.
Siapa Saja yang Menjadi Peserta BPJS Kesehatan?
Semua penduduk Indonesia wajib menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasinal (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan termasuk orang asing yang telah bekerja paling singkat enam bulan di Indonesia dan telah membayar iurannya.
Berdasarkan Pembayaran Iuran, Peserta BPJS Kesehatan ada berapa kelompok?
Peserta BPJS Kesehatan berdasarkan sumber pembayaran iurannya ada 2 kelompok, yaitu :
1. Peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran), yaitu peserta BPJS Kesehatan yang iurannya dibayarkan oleh negara melalui APBN, yakni bagi masyarakat miskin dan tidak mampu.
2. Peserta Non-PBI (Non-Penerima Bantuan Iuran), yaitu peserta BPJS Kesehatan yang membayar iuran sendiri atau bersama-sama dengan pemberi kerja, baik berupa nominal maupun berupa prosentase dari gaji.
 http://www.bumn.go.id/askes/faq/tanya-jawab-seputar-bpjs-kesehatan/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog


Silahkan Menjadi Follower Dan Dapatkan Info Yang Bermanfaat