tidur siang itu penting

Manfaat tidur bukan sekadar mengistirahatkan tubuh karena kurang tidur bisa mengganggu memori otak. Jam tidur yang sedikit mengakibatkan hormon stres menjadi naik sehingga mengganggu reproduksi sel di otak orang dewasa. Umumnya waktu tidur untuk orang dewasa adalah 7 jam. Tetapi banyak orang yang menghabiskan waktu untuk tidurnya hanya sekitar 5 jam. Waktu tidur yang tidak normal bisa menambah tinggi risiko gangguan jantung. Biasanya membuat detak jantung menjadi tidak normal.


Tidur adalah penyembuh yang baik. Pada saat inilah terjadi pertumbuhan sel-sel tubuh. Sebagai contoh tidur bisa menumbuhkan tingkat hormon pertumbuhan dan mengganti sistem kekebalan. Pada orang dewasa, kurang tidur bisa menyebabkan depresi berat. Dalam keadaan kurang tidur yang parah, depresi akan bertambah karena otak tidak bisa berpikir jernih, banyak kasus bunuh diri karenanya.

Fakta menarik seputar tidur
  • Saat sedang tidur nyenyak, napas, detak jantung, dan tekanan darah berada dalam tingkat yang paling rendah.
  • Saat kita sedang bermimpi, otak biasanya bekerja mencari pengalaman serupa yang pernah terjadi ketika kita sedang dalam keadaan sadar.
  • Banyak orang menderita insomnia karena pengaruh dari rasa khawatir dan rata-rata penderita insomnia paling tinggi adalah wanita dan orang tua.
  • Rata-rata orang terbangun sekitar 6 kali setiap waktu mereka tidur.
  • Temperatur tubuh akan menurun drastis menjelang pagi, biasanya titik paling rendah adalah sekitar jam 4 pagi kemudian akan naik lagi setelah matahari terbit.
  • Walaupun kita sedang tertidur pulas, ada beberapa bagian dari tubuh kita yang bisa menerima suara atau sinyal dari sekitar, itu mengapa orang tua selalu bangun ketika bayinya menangis.
Bagaimana tidur yang sehat?
  • Persiapkan diri dengan memastikan Anda dalam keadaan tenang dan santai sebelum tidur. Sebelum beranjak ke ranjang, lakukan aktivitas ringan. Hindari musik yang keras dan televisi. Matikan lampu. Membaca, yoga, dan meditasi bisa membantu Anda bersiap-siap tidur.
  • Pastikan Anda mentaati jadwal rutin dengan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Tubuh Anda akan terbiasa dengan jadwal tersebut dan akan terbiasa mempersiapkan tidur yang enak.
  • Jika Anda menghabiskan waktu lebih dari 15 menit di ranjang untuk bersiap tidur, sebaiknya lakukan sesuatu hal yang membuat santai tapi jangan di atas kasur. Berada di ranjang saat terjaga malah meningkatkan kekhawatiran tidak bisa tidur.
  • Olahraga bisa membuat tidur lebih baik, tapi jika dilakukan di waktu yang tepat tentunya. Waktu yang paling ideal untuk olahraga adalah pagi hari. Berolahraga siang hari akan membuat mengantuk karena olahraga membuat energi tubuh meningkat.
  • Jangan makan makanan berat sebelum tidur dan jangan mengkonsumsi kafein ketika menjelang tidur. Merokok dan alkohol juga mengganggu kemampuan tidur.
berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog


Silahkan Menjadi Follower Dan Dapatkan Info Yang Bermanfaat