7 Manfaat Dibalik Rasa Pahit Daun Pepaya



7 MANFAAT DAN KHASIAT DIBALIK RASA PAHIT DAUN PEPAYA

Pepaya merupakan salah satu buah tropis yang berasal dari daratan Amerika Selatan dan Meksiko, Buah pepaya dengan warna tersendiri yakni berwarna oranye cerah memang segar dan nikmat untuk dikomsumsi. Buah pepaya sudah lama dikenal dan mengandung beragam manfaat bagi kesehatan manusia. Buah dengan warna cerah dan rasa yang khas keberadaannya cukup melimpah dapat kita jumpai di indonesia disamping buah pepaya yang relatif
Terjangkau dam murah pada umumnya masyarakat Indonesia, buah pepaya cukuplah menjadi buah yang paling populer ketimbang daun atau bunganya Padahal, berdasarkan penelitian lanjutan telah ditemukan fakta bahwa memakan daun pepaya sangatlah baik bagi kesehatan manusia.
Daun pepaya ini diketahui mengandung beberapa senyawa aktif yang memiliki efek yang sangat baik bagi tubuh.Menurut Para peneliti menemukan bahwa daun dengan rasa pahit ini mengandung sejumlah senyawa aktif yang sangat baik bagi tubuh. Komposisi zat aktif dalam daun pepaya antara lain
Vitamin B1 0,15 mg, Vitamin A 18250 SI, vitamin C 140 mg, protein 8,0 gram, kalori 79 kal, lemak 2 gram, kalsium 353 mg, hidrat Arang 11,9 gram, besi 0,8 mg, fosfor 63 mg, air 75,4 gram, kautsuk, paparotin, karposit, karpain, enzim Papain dan lain-lain. Kompleksnya senyawa ini menjadikan khasiat daun pepaya juga ikut beragam.


MANFAAT KHASIAT DIBALIK RASA PAHIT DAUN PEPAYA

Namun tahukah anda bahwa di balik rasa pahit daun pepaya, ternyata bisa kita temukan bermacam-macam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. nah berikut ulasan hasbihtc mengenai beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh, namun disini hasbihtc hanya mampu menyebutkan 7 manfaat daun pepaya selengkapnya adalah sebagai berikut silahkan disimak :
1. DAUN PEPAYA SEBAGAI OBAT JERAWAT
Sebenarnya daun pepaya sudah lama digunakan oleh nenek moyang kita sebagai obat tradsional salah satunya adalah daun pepaya dapat mengatasi masalaha jerawat yang timbul pada muka halus adan kadang jerawat membandel sangat sukar untuk dihilangkan, nah apakah sahabat pembaca blog hasbihtcom ingin mencobanya ? berikut Cara mengaplikasikan daun pepaya sebagi obat jerawat
Tips daun pepaya sebagai obat jerawat ambil 2-3 lembar daun pepaya tua. Jemur sebentar kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan satu setengah sendok air. Lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang terkena jerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.
2. OBAT DEMAM BERDARAH
Bagi Anda penderita demam berdarah, atau yang sedang mengalami gejala demam berdarah atau ada keluarga anda yang mengidap sakit demam berdarah daun pepaya sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita demam berdara. Mengapa Karena pada daun pepaya memiliki kandungan yang bisa mengobati atau menetralkan gejala demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk demam berdarah. Nah untuk cara pengunaannya silahkan di lihat berikut ini
Tips daun pepaya sebagai pbat demam berdarah Caranya, campur lima lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga masak, kemudian dinginkan sebelum diminum.
3. DAUN PEPAYA SEBAGAI ANTI KANKER
Dari beberapa penelitian dijelaskan, batang dan daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu atau lebih dikenal dalam bahasa latinnya white milky latex, yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker, sebagaimana yang saya baca pada situs kesehatan Journal Society of Biology Getah pada pohon pepaya sudah otomatis didapatkan saat kita mengonsumsi daun pepaya, baik itu dimasak dengan cara apa pun pastilah daun pepapaya sangat ampuh sebagai anti kanker jadi bagi anda penderita kanker gak ada salahnya mencoba mengkomsumsi daun pepaya.
4. DAUN PEPAYA BAIK UNTUK PENCERNAAN
Melahap daun pepaya yang sudah anda rebus sangat untuk baik dimakan dengan masakan lainya sesuai dengan selera anda ataupun tanpa makanan pendamping lainnya pasti rasanya pahit! perlu kita ketahui bersama pepaya dapat membantu dalam memperlancar pencernaan.
Hal ini dikarenakan pada daun pepaya mengandung zat karpain, zat kapain adalah sejenis kandungan zat kimia yang dapat membasmi mikroorganisme jahat dan dapat mengganggu pencernaan anda. Nah Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hasbihtc sarankan sebaiknya komsumsi secara rutin daun pepaya rebus setiap hari selama beberapa hari minimal dua atau tiga kali dalam seminggu.
5. PEPAYA DAPAT MENAMBAH NAFSU MAKAN
Ternyata meracik ramuan penambah nafsu makan dengan mengunakan daun pepaya sangatla mudah, bagi sahabat pembaca hasbihtc yang ingin mecoba resep daun pepaya sebagai penambah nafsu makan silahkan dicatat tips ramuannya
Cara pertama yang harus anda siapkan adalah daun pepaya segar yang seukuran dengan telapak tangan anda, siapkan pula sedikit garam, dan air hangat setengah seperdua cangkir atau secukupnya sesuai dengan kebutuhan anda. Semua bahan dicampur, ditumbuk atau diblender, kemudian disaring untuk diambil airnya kemudian diminum. Ramuan ini aman, bahkan cara ini sangat baik untuk menambah nafsu makan anak-anak anda sekali pun.
6. DAUN PEPAYA PENGONTROL TEKANAN DARAH
Memiliki tekanan darah yang cukup tinggi sagatlah menggangu kesehatan anda baik dalam hal berkatifitas maupun tidak, berikut cara menggunakan daun pepaya sebagai obat penurun tekanan darah atau hipertesi.
Caranya, ambil lima lembar daun pepaya, rebus dengan setengah liter air. Rebus terus hingga tinggal tiga perempatnya. Dinginkan sebelum diminum. Jika perlu, tambahkan gula merah atau madu agar terasa lebih manis.
7. OBAT ANTI NYERI SAAT HAID
Nah Bagi Anda para kaum hawa yang sering mengalami ganguan nyeri pada saat haid atau datang bulan, gak ada salahnya anda mencoba resep tradisional obat anti nyeri haid dari daun pepaya, Ingin mencoba resepnya silahkan di coba berikut ini
Caranya ambilah sehelai daun pepaya pepaya segar, lalu siapkan asam jawa dan garam secukupnya. Rebus dengan segelas air hingga masak atau medidih. selanjutnya tunggu sampai air rebusan menjadi dingin sebelum anda memiminumnya.
Daun Pepaya pada umumnya bisa dinikmati dalam berbagai bentuk hidangan seperti daun pepaya dijadikan lalapan. Akan tetapi, Untuk mendapatkan manfaat secara maximal dari daun pepaya, sebaiknya daun pepaya biasanya diolah. Baik itu dalam berbagai bentuk olahan seperti kuliner, teh, dan atau ekstrak daun pepaya.
Anda juga bisa mengolah daun pepaya dengan beberapa bumbu dan menumisnya. Untuk menghilangkan sensasi rasa pahit daun pepaya, Anda pun dapat meremas dan rebus daun pepaya bersama garam sampai layu.
Demikianlah ulasan hasbihtc yang sudah membahas mengenai manfaat daun pepaya untuk kesehatan semoga dapat bermanfaat baca juga manfaat buah pisang dan buah pepaya. Wassalam. Salam Sehat Selalu. Disadur Dan dirangkum dari Berbagai Sumber

Berfikir Positif



KOMPAS.com -  Sikap mencerminkan dari kepribadian seseorang, dan pikiran memberi peran yang besar terhadap sikap seseorang. Itulah mengapa berpikir positif membuat perbedaan besar dalam hidup kita. Sikap yang baik dimulai dengan berpikir positif. Berpikir positif memiliki peran penting dalam pembentukkan setiap individu. Kekuatan berpikir positif merupakan unsur yang terpenting dalam menciptakan jenis kehidupan Anda.
Sikap positif  membantu Anda dalam  mengatasi masalah kehidupan sehari-hari. Sebuah pandangan yang positif dapat membantu Anda untuk mengatasi situasi stres dan dapat mengubah hidup Anda jauh lebih baik. Berikut ini beberapa manfaat dari berpikit positif :

  1. Mengatasi stres : Berpikir positif membantu Anda mengatasi situasi stres, mengabaikan pikiran negatif, mengganti pikiran pesimis menjadi optimis, mengurangi kecemasan dan mengurangi stres. Ketika Anda mengembangkan sikap positif Anda bisa mengontrol hidup Anda dengan baik.
2. Menjadi lebih sehat : Pikiran kita secara langsung mempengaruhi tubuh dan bagaimana cara bekerjanya. Ketika Ada mengganti pikiran negatif dengan ketenangan, kepercayaan dan kedamaian, bukannya dengan kebencian, kecemasan, dan kekhawatiran, maka Anda akan merasakan kesejahteraan. Dan ini berarti Anda tidak mengalami gangguan saat tidur, tidak merasakan ketegangan otot, kecemasan, dan kelelahan. Orang-orang yang berpikir negatif lebih muda terkena depresi.
3. Percaya diri : Dengan berpikir positif, maka Anda lebih percaya diri dan tidak untuk menciba menjadi orang lain. Jika Anda tidak percaya diri Anda tidak akan pernah mendaptkan kehidupan yang lebih baik.
4. Bisa mengambil keputusan yang benar : Berpikir positif mencegah Anda memilih keputusan yang salah atau melakukan hal yang bodoh yang kemudian Anda sesali. Berpikir positif membuat Anda memilih keputusan dengan cepat.
5. Meningkatkan fokus : Menggunakan pikiran positif membantu Anda lebih fokus saat menghadapi masalah. Jika Anda berpikir negatif akan membuang-buang waktu, dan energi Anda.
6. Bisa mengatur waktu lebih baik : Dengan meningkatnya fokus serta kemampuan membuat keputusan yang lebih baik, Anda akan lebih terorganisir. Ini akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri dan orang yang Anda cintai.
7. Lebih sukses dalam hidup : Sikap positif tak hanya bisa meningkatkan fokus Anda dan lebih bisa mengatur waktu dengan baik tetapi mengarahkan Anda pada kebahagian dan keberhasilan saat mengubah hidup Anda.
8. Memiliki banyak teman : Ketika berpikir positif, Anda akan menarik perhatian orang-orang dan ketika orang-orang tersebut dekat dengan Anda mereka akan merasa nyaman.
9. Menjadi pemberani : Ketakutan berasal dari pikiran negatif. Menjadi pemikir positif menghilangkan rasa takut. Keberanian berasal dari kenyataan bahwa Anda tetap positif Anda akan tahu bahwa apapun yang terjadi dalam hidup Anda, Anda dapat menghadapinya.
10. Hidup lebih bahagia:  Percaya diri merupakan suatu fakta bahwa Anda bahagia menjadi diri Anda sendiri dan tidak mencoba untuk menjadi orang lain. Jika Anda memiliki semangat berpikir positif, Anda selalu mengantisipasi hidup bahagia, damai, tawa, kesehatan yang baik dan kesuksesan finansial.

Tips agar Anda selalu berpikiran positif :
- Jadilah optimis dan mengharapkan hasil yang baik dalam segala situasi.
- Cari alasan untuk tersenyum lebih sering.
- Visualisasikan hanya apa yang Anda inginkan terwujud
- Libatkan diri Anda dalam kegiatan rekreasi menyenangkan.
- Baca dan kutipan yang inspirasional.
- Ikuti gaya hidup sehat. Olahraga setidaknya tiga kali seminggu.
- Bergaulah dengan orang yang selau berpikir positif.
Seseorang yang berpikir positif tahu bagaimana menangani situasi yang buruk lebih baik daripada siapa pun. Dan ingat, keberhasilan terjadi kepada mereka yang percaya diri!

Kanker Serviks


Di negara-negara berkembang seperti Indonesia, penyakit kanker serviks merupakan penyebab utama kematian akibat kanker. Di dunia, setiap dua menit seorang wanita meninggal dunia akibat kanker serviks. Jadi, jangan lagi memandang ancaman penyakit ini dengan sebelah mata. Berikut ini lanjutan dari 13 hal yang wajib Anda ketahui tentang kanker serviks.
6. Berapa lama masa pertumbuhannya?
Masa preinvasif (pertumbuhan sel-sel abnormal sebelum menjadi keganasan) penyakit ini terbilang cukup lama, sehingga penderita yang berhasil mendeteksinya sejak dini dapat melakukan berbagai langkah untuk mengatasinya. Infeksi menetap akan menyebabkan pertumbuhan sel abnormal yang akhirnya dapat mengarah pada perkembangan kanker. Perkembangan ini memakan waktu antara 5-20 tahun, mulai dari tahap infeksi, lesi pra-kanker hingga positif menjadi kanker serviks.
7. Benarkah perokok berisiko terjangkit kanker serviks?
Ada banyak penelitian yang menyatakan hubungan antara kebiasaan merokok dengan meningkatnya risiko seseorang terjangkit penyakit kanker serviks. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan di Karolinska Institute di Swedia dan dipublikasikan di British Journal of Cancer pada tahun 2001. Menurut Joakam Dillner, M.D., peneliti yang memimpin riset tersebut, zat nikotin serta “racun” lain yang masuk ke dalam darah melalui asap rokok mampu meningkatkan kemungkinan terjadinya kondisi cervical neoplasia atau tumbuhnya sel-sel abnormal pada rahim. “Cervical neoplasia adalah kondisi awal berkembangnya kanker serviks di dalam tubuh seseorang,” ujarnya.
8. Selain itu, siapa lagi yang berisiko terinfeksi?
Perempuan yang rawan mengidap kanker serviks adalah mereka yang berusia antara 35-50 tahun, terutama Anda yang telah aktif secara seksual sebelum usia 16 tahun. Hubungan seksual pada usia terlalu dini bisa meningkatkan risiko terserang kanker leher rahim sebesar 2 kali dibandingkan perempuan yang melakukan hubungan seksual setelah usia 20 tahun. Kanker leher rahim juga berkaitan dengan jumlah partner seksual. Semakin banyak partner seksual yang Anda miliki, maka kian meningkat pula risiko terjadinya kanker leher rahim. Sama seperti jumlah partner seksual, jumlah kehamilan yang pernah dialami juga meningkatkan risiko terjadinya kanker leher rahim.
Anda yang terinfeksi virus HIV dan yang dinyatakan memiliki hasil uji pap smear abnormal, serta para penderita gizi buruk, juga berisiko terinfeksi virus HPV. Pada Anda yang melakukan diet ketat, rendahnya konsumsi vitamin A, C, dan E setiap hari bisa menyebabkan berkurangnya tingkat kekebalan pada tubuh, sehingga Anda mudah terinfeksi.
9. Bagaimana cara mendeteksinya?
Pap smear adalah metode pemeriksaan standar untuk mendeteksi kanker leher rahim. Namun, pap smear bukanlah satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi penyakit ini. Ada pula jenis pemeriksaan dengan menggunakan asam asetat (cuka) yang relatif lebih mudah dan lebih murah dilakukan. Jika menginginkan hasil yang lebih akurat, kini ada teknik pemeriksaan terbaru untuk deteksi dini kanker leher rahim, yang dinamakan teknologi Hybrid Capture II System (HCII).
10. Bisakah dicegah?
Meski menempati peringkat tertinggi di antara berbagai jenis penyakit kanker yang menyebabkan kematian, kanker serviks merupakan satu-satunya jenis kanker yang telah diketahui penyebabnya. Karena itu, upaya pencegahannya pun sangat mungkin dilakukan. Yaitu dengan cara tidak berhubungan intim dengan pasangan yang berganti-ganti, rajin melakukan pap smear setiap dua tahun sekali bagi yang sudah aktif secara seksual, memelihara kesehatan tubuh, dan melakukan vaksinasi HPV bagi yang belum pernah melakukan kontak secara seksual.
11. Haruskah mengambil vaksinasi HPV?
Pada pertengahan tahun 2006 telah beredar vaksin pencegah infeksi HPV tipe 16 dan 18 yang menjadi penyebab kanker serviks. Vaksin ini bekerja dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkap virus sebelum memasuki sel-sel serviks. Selain membentengi dari penyakit kanker serviks, vaksin ini juga bekerja ganda melindungi perempuan dari ancaman HPV tipe 6 dan 11 yang menyebabkan kutil kelamin.
Yang perlu ditekankan adalah, vaksinasi ini baru efektif apabila diberikan pada perempuan berusia 9 sampai 26 tahun yang belum aktif secara seksual. Vaksin diberikan sebanyak 3 kali dalam jangka waktu tertentu. Dengan vaksinasi, risiko terkena kanker serviks bisa menurun hingga 75%. Ada kabar gembira, mulai tahun ini harga vaksin yang semula Rp 1.300.000,- sekali suntik menjadi Rp 700.000,- sekali suntik.
12. Apakah vaksinasi ini memiliki efek samping?
Vaksin ini telah diujikan pada ribuan perempuan di seluruh dunia. Hasilnya tidak menunjukkan adanya efek samping yang berbahaya. Efek samping yang paling sering dikeluhkan adalah demam dan kemerahan, nyeri, dan bengkak di tempat suntikan. Efek samping yang sering ditemui lainnya adalah berdarah dan gatal di tempat suntikan. Vaksin ini sendiri tidak dianjurkan untuk perempuan hamil. Namun, ibu menyusui boleh menerima vaksin ini.
13. Kalau sudah terinfeksi, bisakah disembuhkan?
Berhubung tidak mengeluhkan gejala apa pun, penderita kanker serviks biasanya datang ke rumah sakit ketika penyakitnya sudah mencapai stadium 3. Masalahnya, kanker serviks yang sudah mencapai stadium 2 sampai stadium 4 telah mengakibatkan kerusakan pada organ-organ tubuh, seperti kandung kemih, ginjal, dan lainnya. Karenanya, operasi pengangkatan rahim saja tidak cukup membuat penderita sembuh seperti sedia kala. Selain operasi, penderita masih harus mendapatkan terapi tambahan, seperti radiasi dan kemoterapi. Langkah tersebut sekalipun tidak dapat menjamin 100% penderita mengalami kesembuhan.
(Sumber: kompas.com)

Awas Penggunaan Lensa Kontak Bisa Fatal Pada Mata


DokterSehat.com – Keratokonus merupakan perubahan bentuk atau penipisan kornea secara bertahap sehingga bentuknya mirip kerucut. Keratokonus mulai terjadi pada usia 10-20 tahun. Belum diketahui pasti apa penyebab terjadinya keratokonus. Namun, penyakit ini diketahui sering terjadi pada pemakai lensa kontak dan penderita rabun dekat.
Penyebab
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa keratokonus mungkin terjadi akibat beberapa hal, seperti:
1. Kelainan kornea bawaan
2. Adanya penyakit mata tertentu seperti retinitis pigmentosa, retinopati, konjungtivitis vernal.
3. Cedera mata akibat kebiasaan menggisik-gisik mata atau pemakaian lensa kontak yang keras selama bertahun-tahun.
4. Penyakit sistemik seperti amorosis kongenitalis Leber, sindroma Ehlers-Danlos, sindroma Down dan osteogenesis imperfekta.
Gejala
Pada penyakit keratokonus akan terjadi kelainan kelengkungan sehingga mengakibatkan perubahan pada kekuatan pembiasan kornea. Akibatnya akan terjadi astigmata sedang hingga berat dan rabun dekat. Keratokonus juga akan mengakibatkan pembengkakan dan terbentuknya jaringan parut yang menghalangi penglihatan.
 Pengobatan
Keratokonus biasanya menyerang kedua mata. Awalnya, penglihatan penderita dapat diperbaiki dengan memakai kaca mata. Namun, seiring makin parahnya astigmata, penderita harus memakai lensa kontak untuk mengurangi astigmata dan penglihatan jadi lebih baik.
Pada kebanyakan kasus, kornea akan kembali stabil beberapa tahun kemudian tanpa pernah menyebabkan gangguan penglihatan yang berat. Namun, sekitar 10-20% penderita, akhirnya korneanya membentuk jaringan parut atau tidak bisa mentolerir lensa kontak. Jika hal ini terjadi, maka perlu dilakukan pencangkokan kornea.

Tanya Jawab Seputar BPJS Kesehatan




Apa itu BPJS?
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah badan hukum publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) sebagaimana diatur dalam UU No. 40 Tahun 2004. BPJS dibentuk berdasarkan UU No. 24 Tahun 2011. BPJS terdiri dari BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.
Apa itu BPJS Kesehatan?
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program SJSN Jaminan Kesehatan atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan merupakan transformasi dari PT Askes (Persero).
Apa hubungan PT Askes (Persero) dengan BPJS?
PT Askes (Persero) akan bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan pada 1 Januari 2014. Maka, 31 Desember 2014 PT Askes (Persero) ditutup dan dilanjutkan oleh BPJS Kesehataan mulai 1 Januari 2014.
Apa itu Jaminan Kesehatan?
Jaminan Kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayari iuarannya.
Siapa Saja yang Menjadi Peserta BPJS Kesehatan?
Semua penduduk Indonesia wajib menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasinal (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan termasuk orang asing yang telah bekerja paling singkat enam bulan di Indonesia dan telah membayar iurannya.
Berdasarkan Pembayaran Iuran, Peserta BPJS Kesehatan ada berapa kelompok?
Peserta BPJS Kesehatan berdasarkan sumber pembayaran iurannya ada 2 kelompok, yaitu :
1. Peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran), yaitu peserta BPJS Kesehatan yang iurannya dibayarkan oleh negara melalui APBN, yakni bagi masyarakat miskin dan tidak mampu.
2. Peserta Non-PBI (Non-Penerima Bantuan Iuran), yaitu peserta BPJS Kesehatan yang membayar iuran sendiri atau bersama-sama dengan pemberi kerja, baik berupa nominal maupun berupa prosentase dari gaji.
 http://www.bumn.go.id/askes/faq/tanya-jawab-seputar-bpjs-kesehatan/
 

Manfaat Mandi Pagi

Bismillahirrahmanirrahim

- Menurut riwayat, Rasullulah sallallahu wa alaihi`wa sallam
tak pernah sakit sepanjang hayatnya karena pandai menjaga
Kesehatannya dan salah satu aktivitas rutin Rasullulah
adalah beliau selalu menjaga makanan sehari2nya dan selalu
mandi sebelum subuh.
- Rasullulah sallallahu wa alaihi`wa sallam bersabda yang
artinya “Mukmin yang kuat adalah lebih baik dan lebih
dicintai Allah daripada mukmin yang lemah” (HR Muslim). Ya,
hanya dengan tubuh yang sehat kita bisa melakukan berbagai aktivitas di dunia ini dengan sempurna.
- Dr. Abdul Hamid Dayyat, dari Universitas Kairo Mesir
menjelaskan manfaat kesehatan yang diperoleh seseorang dari aktivitas bangun Subuh ( fajar ) dan mandi pada waktu fajar, diantaranya adalah gas O3. Pada waktu fajar kandungan gas O3 sangat melimpah kemudian berkurang sedikit demi sedikit hingga habis ketika matahari terbenam pada sore hari. Gas O3 mempunyai pengaruh yang positif pada urat syaraf, mengaktifkan kerja otak dan tulang. Ketika seseorang menghirup udara fajar maka akan merasakan kenikmatan dan kesegaran tiada tara .

- Sementara itu dari beberapa penelitian didapati kesimpulan
bahwa sebaiknya seseorang membiasakan mandi Subuh dengan air dingin, karena mandi pada waktu subuh dengan air dingin memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah :

1. Melancarkan Peredaran darah. Mandi subuh ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Menurut Dr. dr. Aru W. Sudoyo, MD dokter spesialis penyakit dalam dari FK UI dan RS Medistra, mandi pagi secara medis akan merangsang sistem peredaran darah dan persyarafan menjadi lebih aktif. Hal ini timbul sebagai reaksi terhadap rangsangan suhu dingin secara singkat. Sepanjang seseorang tidak sakit, maka mandi subuh atau
sebelum subuh memberikan efek positif karena tubuh dicambuk oleh temperature rendah.

2. Membuat kulit menjadi halus dan cantik. dr. Midi Hariyani, SpKK spesialis kulit dan kelamin dari klinik nusantara kuningan menyebutkan bahwa dengan mandi subuh dapat membangunkan tubuh yang terlelap dimana metabolisme tubuh sedang melambat.Diibaratkan membangunkan mesin yang awalnya pelan kemudian dinaikkan. Suhu tubuh akan dinaikkan mencapai kestabilan. Jantung menjadi terpacu untuk bangun,adrenalin meningkat, pembuluh darah jadi lebih lancar untuk bergerak sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi sangat baik termasuk aliran ke kulit, jaringan kulit akan membaik tidak kering dan menjadi lebih kenyal / lembab. Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda hitam pada lingkaran bawah mata sehingga wajah terlihat lebih cerah dan kulit tampak lebih fresh

3. Mampu menurunkan resiko darah tinggi. Menurut Frederic Premji serang hypnotherapis dari The American Board Of Hypnotherapy bahwa Mandi dengan air dingin juga mampu menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah, hal ini terjadi karena air
dingin akan melancarkan sirkulasi darah keseluruh organ-organ tubuh.

4. Mampu meningkatkan sel darah putih. Mandi dengan air dingin pada waktu subuh akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh yang berakibat meningkatnya daya tahan tubuh dalam melawan virus yang masuk kedalam tubuh, dan tubuhpun akan menjadi lebih sehat dan bugar.

5. Mampu meningkatkan kesuburan. Mandi dengan air dinginpun memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi, karena mandi dengan air dingin dapat meningkatkan produksi hormon testosterone pada pria dan hormon estrogen pada wanita yang berpengaruh pada meningkatnya kesuburan dan gairah seksual.

6. Membuat rambut lebih sehat. Apasih yang terjadi dengan rambut bila dibilas dengan air dingin ? ternyata air dingin dapat menutupi kutikula rambut, sehingga mampu mengurangi kerontokan. Air dinginpun mampu melindungi rambut dari kotoran-kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala, dengan demikian rambut akan lebih sehat dan kuat.

tambahan lagi, kelebihan mandi sebelum subuh juga mampu Meredakan Depresi. Mandi dengan air dingin juga berpengaruh pada jiwa, menjadikan jiwa dan pikiran lebih tenang dan bersemangat menjalankan aktivitas sehari – hari.

- Catatan : Untuk mereka yang memiliki penyakit berat
sebaiknya mandi dengan suhu air hangat (bukan panas) yang
mendekati suhu tubuh sehingga sistem penyesuaian atau
adaptasi yang sedang lemah tidak dirangsang secara paksa.
Khusus untuk penderita eksim dan rematik sebaiknya tidak
melakukan aktivitas mandi sebelum subuh ini kecuali dengan
air hangat. Para penderita eksim jika mandi menggunakan air
dingin akan menyebabkan gatal gatal pada kulit, sedangkan
penderita rematik akan meningkatkan radang sendinya.
Perubahan suhu yang terlalu mendadak juga dapat menyebabkan aliran darah terganggu sehingga tekanan darah lebih tinggi dari biasanya yang menyebabkan munculnya hipertensi dan jantung.
- Demikian beberapa manfaat mandi fajar dengan air dingin,
yang ternyata memberikan dampak baik bagi kesehatan. Untuk itu mari kita membiasakan diri untuk mandi diwaktu subuh/fajar dengan air dingin. Semoga yang sedikit ini memberi manfaat.

kisahislami.com/penelitian-dari-ilmu-kedokteran-manfaat-mandi-subuh/

Hipertensi Paru – Pengobatan


Meskipun hingga saat ini belum ditemukan pengobatan hipertensi paru yang bisa menyembuhkan 100%, tetapi sekarang telah banyak tersedia pengobatan untuk PH yang dapat membuat pasien PH hidup berkualitas dan lama.

Sebagai contoh, sekarang telah banyak pasien PH yang dapat dan telah melewati masa 20 tahun diagnosa dan tetap hidup dengan berkualitas hingga sekarang.

Selain itu ada cukup banyak pengobatan yang sedang sekarang dalam tahap penelitian, sehingga kedepannya kita semua bisa berharap yang terbaik bahkan berharap untuk dapat ditemukannya obat yang menyembuhkan PH 100%.

Perlu diingat setiap pasien memberikan respon berbeda terhadap jenis pengobatan yang digunakan, oleh karena itu konsultasikan ke dokter spesialis PH untuk mendapatkan pengobatan yang terbaik dan sesuai dengan kondisi Anda.

Jenis2 pengobatan yang sekarang tersedia untuk hipertensi pulmonal :

Terapi Konvensional (semua tersedia di indonesia)

o Calcium Channel Blockers (CCB) – membantu menurunkan tekanan darah tinggi
CCB tidak selalu bekerja untuk kasus PH, tergantung dari  hasil test vasodilator pada saat katerisasi jantung kanan.
o Digoxin – membantu fungsi pompa jantung
o Diuretik – membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh yang membebani kerja jantung
o Oksigen
o Warfarin – membantu mencegah terjadinya bekuan darah

Pengobatan PH Oral (diminum/bentuk pill)
o ERAs atau Endothelin Receptor Antagonists
o Ambrisentan (Letairis)
o Bosentan (Tracleer)
o PDE 5 Inhibitors
o Sildenafil (Revatio atau Viagra) tersedia di indonesia (Viagra)
o Tadalafil (Adcirca)
o Beraprost (Dorner) tersedia di indonesia

Pengobatan PH bentuk hirup (inhaled)
o Prostacyclins membantu mengurangi sesak nafas
o Iloprost (Ventavis)
o Treprostinil (Tyvaso)

Pengobatan PH bentuk infus (intravenous)
o Intravenous Treprostinil (Remodulin)
o Epoprostenol (Flolan)
o Room Temperatur Stable Epoprostenol (Veletri)

Transplantasi
Satu-satunya pengobatan PH yang dapat menyembuhkan PH hanya transplantasi.Transplantasi biasa dilakukan untuk pasien PH yang tidak merespon pada jenis2 pengobatan yang tersedia.

Tetapi transplantasi bukanlah hal yang mudah, dari hal ketersediaan donor, tingkat risiko tinggi dan juga tidak semua pasien PH mempunyai kualifikasi untuk dilakukan transplantasi.Oleh karena itu transplantasi bisa dikatakan merupakan pilihan terakhir dalam pengobatan PH.

o Transplantasi Paru-paru (single/double)
o Transplantasi Paru-paru dan jantung (heart lung transplant)

Catatan :
-catatan merah diberikan di samping jenis pengobatan PH yang telah tersedia di Indonesia
-selain pengobatan di atas, dokter Anda juga mungkin memberikan obat-obatan tambahan lainnya untuk membantu gejala PH sesuai dengan kondisi Anda.
-pengobatan PH yang tersedia di Indonesia maupun yang ada di luar negeri tergolong mahal, karena itu diperlukan penyesuaian pekerjaan dan persiapan finansial dari awal.

Hipertensi Paru – Penyebab dan Faktor Risiko


Hipertensi paru  sebenarnya bukanlah suatu penyakit tersendiri, tetapi lebih ke suatu keadaan yang ditimbulkan oleh penyakit lainnya (atau suatu efek dari penyakit lainnya).

Tetapi karena dalam kebanyakan kasus tidak/belum ditemukan penyebabnya, maka sebagian besar hipertensi pulmonal masuk ke kategori primer / tanpa penyebab.

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai jenis hipertensi pulmonal berdasarkan penyebabnya, silakan KLIK DISINI.

Faktor Risiko Lainnya
Semua orang dari berbagai ras, etnik dan umur bisa terkena hipertensi pulmonal. Walaupun begitu ada beberapa kategori orang yang berisiko lebih tinggi untuk terkena hipertensi pulmonal:

  • Faktor keluarga
Bila dua atau lebih dalam keluarga Anda didiagnosa Hipertensi Pulmonal, maka anggota keluarga yang lain mempunyai faktor risiko untuk terkena PH juga.

  • Sleep apnea dan obesitas
Obesitas sendiri bukanlah faktor risiko, tetapi bila obesitas terjadi bersamaan dengan sleep apnea (gangguan nafas saat tidur dimana terjadi penurunan oksigen level), maka PH bisa terjadi.

  • Jenis Kelamin
Pada Hipertensi Pulmonal Primer (IPAH) dan Familial (HPAH), setidaknya kasus yang terjadi pada wanita 2.5x lebih banyak daripada yang terjadi pada pria.

  • Kehamilan
Kehamilan juga kemungkinan merupakan faktor risiko menurut opini para ahli. Kehamilan merupakan sesuatu yang sebaiknya dihindari pada wanita yang telah didiagnosa PH.

  • Tinggal di dataran tinggi
Tinggal di dataran tinggi selama bertahun-tahun juga merupakan faktor risiko terkena PH. Bagi pasien PH, melakukan perjalanan ke tempat dataran tinggi dapat memperburuk gejala yang ada.

  • Penyakit lainnya
Penyakit lain-lain misalnya penyakit jantung bawaan, paru-paru, liver dan jaringan ikat seperti lupus dan scleroderma juga membuat pasien lebih rentan terkena PH.

  • Obat-obatan dan toksin
Obat-obatan tertentu seperti methamphetamines dan obat diet fen phen telah diketahui dapat menyebabkan PH.

Gejala Hipertensi Paru

Gejala Hipertensi Paru


Berikut adalah gejala hipertensi paru :
- Sesak nafas
- Jantung kanan bengkak (terlihat pada foto rontgen)
- Nyeri di dada (angina pectoris)/dada terasa tertekan (berat)
- Pusing
- Pingsan
- Mudah lelah
- Bengkak air (edema) pada pergelangan/tungkai kaki,  lengan dan perut
- Batuk kering
- Raynaud’s Phenomenon – jari menjadi pucat/biru dan kadang terasa sakit, bisa juga dicetuskan karena hawa dingin

Gejala pada umumnya terjadi setelah melakukan aktifitas, tetapi tergantung pada tingkatan penyakit itu sendiri, gejala bisa juga terjadi dengan aktifitas minimal atau bahkan tanpa adanya aktifitas.

Gejala2 di atas adalah yang umum terjadi pada pasien hipertensi pulmonal, bisa juga terjadi gejala hipertensi pulmonal lainnya yang masih berhubungan/efek dari hipertensi pulmonal contohnya seperti : detak jantung tidak beraturan (aritmia), detak jantung cepat, palpitasi, kuku jari tangan biru, liver bengkak, batuk berdarah, dst.

Seringkali pasien dengan PH terlihat baik-baik saja dari luar, tetapi sebenarnya aktifitas sedikit saja sudah merupakan hal yang berat dan menimbulkan gejala sesak nafas dll/memperburuk keadaan PH. Karena itu pasien PH harus menyesuaikan diri dan membiarkan pandangan orang lain yang mungkin kurang baik terhadapnya dan lebih memilih untuk berbaik hati dengan kondisi kesehatan sendiri.

Apa itu Hipertensi Paru

Apa itu Hipertensi Paru?

Hipertensi paru (pulmonary hypertension) / hipertensi pulmonal adalah suatu keadaan dimana terjadi tekanan darah tinggi di paru-paru.

Tekanan darah di arteri pulmonal yang normal adalah 8-20 mmHg, pada pasien PH tekanan paru >25 mmHg pada kondisi istirahat dan >30 mmHg pada saat aktifitas.

Tekanan darah tinggi tersebut yang terjadi karena saluran (arteri pulmonal) yang membawa darah dari jantung ke paru-paru menyempit/menebal sehingga jantung kanan harus bekerja extra keras untuk memompa darah tersebut menuju paru-paru.

Hipertensi pulmonal adalah penyakit kronis yang memerlukan perubahan/penyesuaian gaya hidup dari pasien dan pengobatan sesegera mungkin setelah diagnosa, karena bila tidak maka bisa menyebabkan gagal jantung kanan*.

Catatan
  • Hipertensi Pulmonal adalah terjemahan asli dari bahasa inggris pulmonary hypertension (PH)
  • Hipertensi Pulmonal = hipertensi paru
  • Istilah hipertensi paru lebih banyak digunakan di Indonesia untuk memudahkan masyarakat umum untuk mengenal dan mengingatnya.
  • Situs ini menggunakan istilah hipertensi pulmonal dan hipertensi paru secara bergantian supaya Anda terbiasa dengan kedua istilah tersebut.
  • Gagal jantung kanan bukan berarti jantung berhenti, tetapi jantung menjadi lemah karena kesulitan memompa darah
  • Hipertensi paru juga bisa terjadi di vena paru-paru, tetapi kita disini memfokuskan yang terjadi di arteri paru-paru karena itu yang banyak terjadi.

Manfaat Pepaya dan Pisang

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Kaya akan Antioksidan

Pepaya adalah buah yang memiliki kandungan tinggi antioksidan. Ini termasuk vitamin C, flavonoid, folat, vitamin A, asam panthotenic, mineral, magnesium, vitamin E, kalium, serat dan vitamin B. Antioksidan memerangi radikal bebas dalam tubuh dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular dan memberikan perlindungan terhadap kanker usus besar.
Mencegah Penyakit Jantung

Karena pepaya merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, buah pepaya membantu mencegah oksidasi kolesterol dalam hati. kolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke, dan ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah Pepaya secara teratur. Selain itu salah buah pepaya juga sarat akan serat yang kemudian dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam hati. Asam folat yang ditemukan dalam pepaya menghilangkan zat-zat berbahaya yang dapat merusak dinding pembuluh darah dan menyebabkan serangan jantung. Salah satu manfaat buah pepaya lainnya yaitu sebagai pencegahan penyakit jantung diabetes.
Memperkuat sistem kekebalan

Buah pepaya mengandung banyak sekali vitamin A dan vitamin B yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan. Dengan mengkonsumsi Buah pepaya diyakini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah beberapa penyakit yang terjadi sebagai hasil menurunkan kekebalan, seperti pilek dan batuk, infeksi dan flu.
Mengurangi Peradangan

Pepaya juga mengandung enzim papain dan enzim chymopapain yang dapat mengurangu peradangan sehingga membantu tubuh dalam penyembuhan luka bakar dan luka lainnya. Beberapa penyakit tertentu menjadi lebih buruk ketika tubuh meradang. Karena itu disarankan bahwa orang-orang yang menderita kondisi ini harus mengkonsumsi buah pepaya untuk mendapatkan manfaat buah pepaya.
Mencegah kanker

Manfaat buah pepaya yang tidak kalah pentingnya adalah berperan dalam mencegah kanker usus besar. Ini tidak lepas karena banyaknya kandungan serat. Serat ini juga sangat berguna bagi mereka yang kesulitan buang air besar.
Menjaga kesehatan paru-paru

Vitamin A yang hadir dalam buah pepaya, sangat bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki paru-paru yang lemah. Termasuk pepaya dalam makanan mereka, akan mengurangi kemungkinan mereka tertular penyakit yang muncul sebagai hasil dari paru-paru yang lemah, seperti bronkitis, kanker Ext.

Manfaat Buah Pisang Untuk Tubuh

  1. Kaya vitamin dan serat Pisang memiliki lebih dua kali lipat karbohidrat dan lima kali lipat vitamin A dibandingkan apel yang diketahui sebagai buah penangkal kunjungan ke dokter. Pisang juga kaya akan potasium.
  2. Sumber tenaga Dengan mengkonsumsi dua pisang sehari, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah energi ketika melakukan aktifitas sehari-hari.
  3. Mengalirkan oksigen ke otakKarena kaya akan potasium, maka pisang membantu sirkulasi oksigen ke otak dan juga mencegah tekanan darah tinggi dan stroke.
  4. Melancarkan BAB Bagi yang sering mengalami kesulitan buang air besar, santaplah pisang. Ini membantu mengembalikkan kelancaran pembuangan sisa tubuh.
  5. Meningkatkan mood Pisang membantu meningatkan suasana hati sehingga mood stabil dan terus positif sepanjang hari.
  6. Mengurangi nyeri haid Bagi wanita yang sering mengalami nyeri ketika haid, tidak perlu mengonsumsi obat-obatan atau zat berbahaya bagi tubuh. Hanya dengan buah ini, keram di perut dan nyeri di perut dapat berkurang
  7. Mengatasi maagKetika telat makan dan perut sudah mulai pedih, makanlah pisang dan rasa sakit akibat maag akan segera berkurang karena pisang diketahui memiliki zat penangkal asam dalam tubuh.
  8. Mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk memang Gigitan nyamuk yang sangat menganggu dan gatal dapat hilang ketika kulit pisang dioleskan secara pelan-pelan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com

Khasiat Buah Tin

Hmm... Buah Tin? baru kali ini saya tahu bahwa buah yang dikampung saya sering kami sebut "Boh Lupee" (Bahasa Aceh) rupanya nama Indonesia nya Buah Tin. Biasanya kalau lagi musim berbuah, pohon buah tin di kampung saya banyak didatangi kalong (kelelawar). Dulu waktu kecil kami sering makan buah ini dengan garam, seperti orang makan lalapan.
Tin (Ficus carica L.) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dari Asia Barat. Buahnya bernama sama. Nama ini diambil dari bahasa Arab, juga dikenal dengan nama "Ara" (buah ara / pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig, sebenarnya masih termasuk kerabat pohon beringin. Bunga tin tidak tampak karena terlindung oleh dasar bunga yang menutup sehingga dikira buah. Penyerbukan dilakukan oleh sejenis tawon khusus, sama seperti serangga yang menyerbuki jenis-jenis Ficus lainnya. Yang disebut buah sebetulnya adalah dasar bunga yang membentuk bulatan. Tipe ini khas untuk semua anggota suku ara-araan (Moraceae). Buahnya berukuran panjang tiga hingga 5 cm, berwarna hijau. Beberapa kultivar berubah warna menjadi ungu jika masak. Getah yang dikeluarkan pohon ini dapat mengiritasi kulit.  (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Tin)
Berbagai riset para ahli memperlihatkan bahwa Buah Tin merupakan buah makanan Nutraseutikal (functional food), karena buah tin/ara mengandung zat-zat yang berkhasiat, bahkan lebih dari itu, buah Tin bermanfaat sebagai penjaga tubuh dan mampu mencegah serangan penyakit-penyakit tertentu. Lembaga Penasehat Buah Tin di California (California Fig Advisory Board) menyatakan buah tin/ara sebagai “Nature’s most nearly perfect fruit”, yaitu Buah yang hampir mencapai tahap kesempurnaan secara keseluruhan.

Berdasarkan berbagai penelitian panjang para ahli kesehatan di berbagai benua, inilah begitu banyak manfaat kesehatan buah tin/ara untuk kesehatan:

1. Buah Tin sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit tekanan darah tinggi karena mengandung kalium, omega 3 dan omega 6 bersama fenol dan magnesium yang membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga seseorang dari serangan jantung koroner.

2. Buah tin/ara dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah tinggi karena buah tin tinggi akan kalium (potassium), mineral yang berperan mengontrol hipertensi (tekanan darah tinggi). Beberapa orang kekurangan kalium karena mereka menghindari makan buah-buahan dan sayur-sayuran dan mengkonsumsi lebih banyak natrium, bahan yang terutama digunakan pada makanan kemasan.

3. Bagi anda yang sedang diet juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi Buah tin / ara karena mengandung serat makanan (dietary fiber) yang tinggi, sehingga buah ini sangat efektif untuk program penurunan berat badan. Buah tin merupakan salah satu buah yang sering dijadikan buah yang direkomendasi oleh para ahli diet dan ahli gizi di Amerika dan Eropa.

4. Serat larut pada buah tin disebut yang disebut pektin mampu membantu mengurangi kolesterol darah. Ketika serat ini melewati sistem pencernaan, serat pektin ini menyapu bola-bola kolesterol dalam usus dan membawanya keluar dari tubuh.

5. Buah tin juga baik dikonsumsi oleh penderita kencing manis (diabetes), serat yang terdapat di dalam buah tin dapat memperlambat proses penyerapan glukosa di usus kecil. Gabungan zat yang terkandung dalam buah tin yaitu serat yang tinggi dan karbohidrat dalam bentuk yang ringkas, yaitu glukosa dan fruktosa mampu mengontrol kadar gula darah seseorang. Jadi walaupun rasa buah tin termasuk manis, namun aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes. Hal ini sesuai dengan anjuran yang dikeluarkan oleh The American Diabetes Association.

6. Mengkonsumsi buah tin / ara secara rutin dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara dan kanker kolon (usus besar). Di dalam buah tin / ara mengandung “polyphenols” yang tinggi, dimana zat ini berfungsi sebagai antioksidan yang amat penting bagi tubuh kita, dimana antioksidan dapat mengurangi efek radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh kita. Selain itu, serat yang tinggi pada buah tin juga dapat mengikat zat karsinogen pemicu timbulnya kanker di saluran cerna.

7. Buah tin/ara baik untuk wanita pasca menopause dan mencegah wanita terserang kanker payudara. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi buah kaya serat secara teratur akan mengurangi kemungkinan terkena kanker dan penyakit degeneratif lainnya.

8. Buah tin / ara, mengandung “coumarins” yang bermanfaat mengurangi resiko terkena kanker prostat dan juga berfungsi merawat kulit.

9. Kandungan kalsium dan kalium dalam buah tin/ara mencegah penipisan/pengeroposan tulang (osteoporosis), sekaligus membantu untuk meningkatkan kepadatan tulang. Dalam 100 gram buah tin/ara mengandung 241mg kalsium, jumlah ini 2 kali lipat lebih tinggi dari kandungan kalsium pada susu (118mg per 100gram). Kalium dalam buah ara juga melawan hilangnya kalsium melalui urin sehingga mencegah kandungan tulang untuk menipis.

10. Tingginya kalsium pada buah tin/ara menjadikannya sebagai sumber kalsium alternatif yang sangat baik untuk dikonsumsi, khususnya bila diterapkan pada terapi pengobatan bagi orang-orang yang alergi terhadap produk susu.

11. Bagi orang kurus, perpaduan buah tin dan susu dapat membantu meningkatkan berat badan dengan baik dan seimbang.

12. Buah Tin juga baik dikonsumsi oleh penderita insomnia karena buah ini mengandung Tryptophan yang berfungsi untuk menginduksi tidur agar lebih baik dan membantu menyingkirkan gangguan tidur seperti insomnia.

13. Memakan buah tin dapat memulihkan kondisi tubuh dari kelelahan, meningkatkan daya memori otak dan mencegah anemia. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa buah tin termasuk buah yang dapat merangsang pembentukan hemoglobin darah.

14. Buah tin Tidak mengandung garam, lemak, dan kolesterol, tetapi mengandung lebih tinggi kalium, kalsium, serat dan zat besi.

15. Buah ini mengandung sangat rendah sodium sehingga sangat baik untuk yang sedang menjalani program diet/menurunkan berat badan.

16. Buah tin juga sangat baik untuk pencegah kanker karena kaya akan benzaldehida yaitu senyawa anti-kanker, dan beta-karoten.

17. Selain itu, buah tin / ara juga mengandung beberapa vitamin penting seperti vitamin A, B, dan C.

18. Buah tin (baik yang basah maupun yang kering) juga baik sekali dikonsumsi oleh para ibu pasca melahirkan, sebagai suplai zat besi alami (fer) yang banyak hilang saat melahirkan. Hal ini berbeda sekali dengan suplemen zat besi yang banyak dijual di pasaran yang biasanya malah menyebabkan konstipasi (sembelit / sulit BAB)

19. Karena manfaat laksatif (memeperlancar Buang Air Besar/BAB), mengkonsumsi buah tin sangat membantu untuk mengobati sembelit kronis. Buah ara/tin juga sejak dahulu terkenal sebagai obat pencahar alami.

20. Konsumsi harian buah tin / ara merupakan obat yang sangat efektif untuk terapi penyembuhan wasir atau sering disebut ambeien (dalam bahasa Inggris atau Latin disebut Hemorrhoid dan dalam bahasa kedokteran disebut Piles). Buah tin/ ara yang mengandung enzim seperti flavonoid dan ficin sangat baik untuk pencernaan.

21. Buah tin kaya akan phenol dan benzaldehid alami sebagai zat anti tumor serta dapat membunuh mikro-organisme patogen, jamur dan virus dalam tubuh manusia.

22. Buah tin/ara sangat berguna untuk mengatasi berbagai gangguan pernafasan termasuk batuk rejan dan asma. Buah tin bekerja dengan menormalkan pernapasan.

23. Bila diterapkan pada kulit, buah tin/ara yang dipanggang bisa menyembuhkan radang seperti abses (bisul bernanah) dan bisul-bisul.

24. Buah tin/ara juga juga dapat digunakan sebagai pembersih kulit yang sangat baik.

25. Buah Tin/ara juga baik dikonsumsi oleh anda yang punya masalah dengan jerawat karena dapat membantu dalam mencegah dan menyembuhkan jerawat. Caranya, makan secara rutin buah ini, atau lumat buah tin segar dan oleskan ke wajah, biarkan selama 10-15 menit stelah itu baru anda bersihkan. Alasan dibalik terapi ini adalah, buah tin mengandung beberapa mineral alkali yang bermanfaat untuk membantu mengatur keseimbangan pH tubuh; dan ini berguna untuk kesehatan kulit.

26. Zat-zat aktif yang terdapat dalam buah tin adalah sejenis zat-zat pembersih yang bisa dipakai untuk mengobati luka luar dengan cara melumurinya.

27. Makan buah tin/ara efektif mengobati sakit tenggorokan (sore throat) karena kandungan lendirnya yang tinggi.

28. Buah ara yang manis dan berasa lembut sering digunakan sebagai pengganti gula. Olahan buah ara di negara barat juga seringkali digunakan untuk membuat olahan kue, puding, berbagai produk roti dan taart, selai, jeli, campuran sereal untuk sarapan dan masih banyak lagi.

29. Buah tin/ara dapat dikonsumsi setiap orang, termasuk anak-anak dan merupakan makanan yang baik untuk semua umur, karena buah tin mengandung serat yang tinggi dan berasa manis dan juga lezat. Jadi sangat tepat jika kita mengkonsumsi buah ini, sebagai makanan alternatif kita untuk meningkatkan kesehatan kita sehari-hari.

30. Buah ara/tin juga telah digunakan untuk mengobati kelemahan seksual. Caranya, rendam sekitar 2-3 buah ara dalam susu selama semalam dan makanlah di pagi harinya.

31. Rebusan DAUN pohon tin / ara bermanfaat sebagai peluruh batu ginjal. Hal ini dikarenakan daun tin mengandung alkaloid dan saponin, yang bermanfaat sebagai diuretik (peluruh urine).

32. DAUN pohon tin / ara dapat menurunkan tingkat trigliserida, yang merupakan satu bentuk lemak yang ditemukan dalam aliran darah. Oleh karena itu, setelah meminum teh daun tin badan akan mendapat efek lebih segar.
Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id

Follow by Email

Daftar Blog

Silahkan Menjadi Follower Dan Dapatkan Info Yang Bermanfaat