Rahasia Tubuh Lebih fit

Anda pernah merasakan betapa tidak enaknya ketika tubuh mendadak lesu, lemas, dan maunya tidur saja? Sementara, di saat yang bersamaan banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan. Keadaan itu secara tidak langsung akan memengaruhi kinerja. Coba fikirkan, kalau saatnya Anda harus menghasilkan uang justru bermalas-malas dan keenakan tidur. Alhasil, kantong Anda semakin longgar bukan?

Tubuh ibarat mesin yang selalu bekerja. Layaknya mesin, kelelahan wajar terjadi pada tubuh yang terlalu keras bekerja. Selain itu, tubuh juga membutuhkan bahan bakar yang seimbang. Lagi-lagi seperti sebuah mesin, jika bahan bakar yang dimasukkan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, kinerja mesin tersebut tidak akan optimal. Lantas, bagaimana caranya memberikan bahan bakar yang sesuai untuk tubuh kita? Perhatikan 9 tip berikut ini:

1. Tingkatkan Konsumsi Magnesium
Terdengar terlalu ilmiah bagi kita yang kurang mengerti masalah kimia. Yang jelas magnesium ini termasuk mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan bisa Anda dapatkan dari makanan yang sehat. Pertanyaan berikutnya, apakah makanan yang Anda santap tiap hari sudah memenuhi standar makanan sehat? Jangankan memenuhi standar kesehatan! Kalau terlihat makanan, Anda langsung tak kuat iman. Hmmmm! Bisa-bisa justru sulit mendapatkan makanan yang mengandung magnesium.

Padahal, berdasarkan penelitian para ahli, mineral yang diperlukan tubuh lebih dari 300 reaksi biokimia termasuk memecah glukosa menjadi energi. Nah! Kalau jumlah mineral berkurang, produksi energi juga akan ikut-ikutan berkurang. Beberapa penelitian juga menyebutkan, wanita yang kekurangan mineral magnesium memiliki detak jantung yang lebih cepat dan memerlukan lebih banyak ooksigen untuk melakukan aktivitas fisik bila dibandingkan dengan wanita yang cukup mengkonsumsi mineral magnesium.

So! Mulai sekarang penuhilah kalsium dalam makanan Anda. Berdasarkan takaran yang direkomendasikan kebutuhan mineral magnesium antara 300 mg untuk perempuan dan 350 mg untuk laki-laki. Anda bisa memperoleh magnesium dari makanan antara lain kacang kacangan, ikan, dan sereal.

2. Rutin Berjalan
Membaca poin yang kedua pasti Anda akan berpikir bahwa dengan berjalan justru akan membuat tubuh menjadi lelah. Jangan salah. Sebaliknya, berdasarkan data melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan dapat meningkatkan jumlah tenaga di dalam tubuh. Berjalan adalah aktifitas yang paling gampang untuk dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, tanpa memerlukan peralatan khusus, dan bisa dilakukan kapan saja. Para ahli kedokteran mengatakan bahwa dengan berjalan minimal 10 menit tenaga akan mengalami peningkatan. Dan bila setiap hari Anda berjalan selama 10 menit rutin selama 3 minggu, tingkat energi yang dihasilkan akan jauh lebih tinggi.

3. Tidur Cukup
Disadari atau tidak, tidur dapat memulihkan energi yang terpakai selama beraktifitas. Hasil penelitian menunjukan jika otak Anda terlalu berat menerima tekanan akan menyebabkan tubuh kehilangan banyak energi. Tidur yang nyenyak selama 60 menit tidak hanya memulihkan energi yang sudah sekian banyak terbuang, tapi juga mengembalikan fungsi otak yang mengelami kelemahan.

4. Jangan Lupa Sarapan
Dengan sarapan orang akan menjalani pekerjaan dengan mood yang lebih baik dan tubuh lebih bertenaga. Jika lupa sarapan, apalagi ditambah lupa makan siang, Anda akan merasakan kelelahan yang berlebihan saat malam harinya. Ini berdasarkan dari penelitian.

5. Hindari Stres
Meskipun terdengar klise, Anda harus tahu bahwa salah satu penguras energi yang paling utama adalah stres. Para pakar psikologi mengatakan stres adalah hasil dari suatu kecemasan dan perasaan yang memakan seluruh energi di dalam tubuh. Seperti halnya perasaan khawatir atau takut, stres dapat menyebabkan tubuh kelelahan baik secara fisik maupun mental sekalipun tubuh hanya berbaring di tempat tidur seharian.

Seperti halnya stres, marah yang juga dapat membuat tubuh kehabisan banyak energi. Ini disebabkan karena tubuh harus mengeluarkan energi secara percuma untuk mengendalikan amarah tersebut. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres dan mengendalikan amarah antara lain dengan melakukan relaksasi setiap hari, berolahraga untuk membakar efek kimia dari stres dan marah, mendengarkan musik, membaca novel atau hanya bercakap-cakap dengan teman dekat.

6. Minum Air putih
Kekurangan cairan dalam tubuh akan menyebabkan perasaan mudah lelah dan lemah. Tubuh sangat membutuhkan air untuk membentuk energi. Nah! Kalau pemasukan air kurang, energi yang keluar tidak akan optimal. Meminum air putih setelah berolahraga memulihkan dan menggantikan cairan yang keluar dari dalam tubuh. Saat berolahraga tubuh mengeluarkan cairan yang berlebihan dalam bentuk keringat. Hindari konsumsi alkohol yang dapat merusak ritme kerja tubuh Anda. Sebab, Alkohol dapat membuat Anda tertidur saat tubuh dengan fit. Ini sangat berbahaya.

7. Konsumsi Makanan Berserat
Maksudnya agar kadar gula dalam tubuh seimbang sehingga energi tetap terjaga. Saat kita makan makanan yang manis, kadar gula darah akan meningkat dan pembentukan energi juga akan banyak, namun hal ini tidak akan lama sebab kadar gula darah akan kembali turun dengan cepat sehingga tubuh akan kembali kelelahan dengan cepat pula. Namun jika tubuh menerima masukan makanan yang mengandung serat tinggi, akan dihasilkan energi dengan tempo yang lambat dan tertatur sehingga energi yang beredar dalam tubuh relatif konstan dan seimbang untuk mencukupi kebutuhan tubuh selama satu hari. Beberapa penelitian juga menyebutkan, dengan mengonsumsi banyak serat juga akan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

8. Minum Susu
Susu merupakan minuman yang tidak hanya mengandung protein dan lemak sebagai sumber energi tapi juga mengandung kalsium untuk tulang. Sehingga disamping menjaga keadaan energi tubuh yang seimbang juga untuk memelihara kesehatan tulang.

9. Periksa Kelenjar Thyroid dan Sel Darah
Tindakan ini tidak akan menghasilkan peningkatan energi dengan segera. Namun, jika tubuh merasa lelah walau telah melakukan sembilan langkah di atas, perlu segera berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui fungsi kelenjar thyroid dan anemia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog


Silahkan Menjadi Follower Dan Dapatkan Info Yang Bermanfaat