4 Kebiasaan Baik untuk Mencegah Kanker



Meski belum jelas benar apa sebenarnya yang menyebabkan seseorang menderita kanker, ada baiknya kita menjalani hal-hal yang menyehatkan dan aman bagi diri kita seperti dikutip dari Womansday.

1. Periksa Kadar Vitamin D

beberapa penelitian menunjukan vitamin D yang terbaik ada pada sinar matahari, untuk itu mulailah berani dengan sinar matahari. Asupan vitamin D dapat membantu diri mencegah kanker, kebiasaan yang satu ini perlu diterapkan di keluarga.

2. Batasi Konsumsi Daging

Penelitian dari Loma Linda University di California mengatakan vegetarian memiliki risiko yang lebih rendah terkena kanker. Para peneliti menyarankan untuk mulai membatasi konsumsi daging atau produk hewani, hal ini untuk menurunkan risiko kanker. Bila sulit menerapkan berhenti makan daging setidaknya cukup konsumsi daging satu kalid alam seminggu.

3. Menjaga Berat Badan

Direktur Program Kanker Perempuan di City of Hope Comprehensive Cancer Center di Duarte, CA, Joanne Mortimer, MD mengatakan menjaga berat badan sangatlah penting untuk mencegah kanker. "Ovarium berhenti memproduksi estrogen setelah menopause namun karena lemak yang dikonsumsi akan menghasilkan estrogen. Dan wanita yang obesitas akan berisiko kanker seperti kanker payudara, mulailah menjaga berat badan," kata Joanne.

4. Rutin Berolahraga

Berolahraga dapat membantu menurunkan risiko kanker. Para ahli di University of Minnesota mengatakan bergerak selama 30 menit maksimal lima kali dalam seminggu dapat mengurangi perkembangan sel kanker. Selain berjalan, bisa memiliki kelas yoga atau bersepeda. (penulis : Kusmiyati, sumber : liputan6.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow by Email

Daftar Blog

Silahkan Menjadi Follower Dan Dapatkan Info Yang Bermanfaat