Istri Introvert


Dokter, istri saya sering mengalami down, dan saya duga dia menderita depresi, krn hanya mengalami masalah kecil dalam kehidupan baik dalam keluarga maupun masyarakat sering ingin mati saja. Padahal kami cukup dalam materi maupun yg lainnya. Istri saya sangat konservatif dalam cara berpikir, kurang pergaulan, dan jarang mau keluar jalan-jalan weekend,dan tidak pernah menghadiri undangan perkawinan bersama dengan saya. Kalau saya amati, dia anak paling kecil dari 9 bersaudara, dan dilahirkan saat ibunya sudah berumur 40 th, apakah ada kaitannya dengan hal ini? Apakah perlu konsultasi ke psikiater(yg jelas pasti dia tidak mau) atau apa solusinya. Terima kasih.


Terimakasih atas pertanyaan Anda.
Banyak yang dapat melatarbelakangi keadaan istri Anda. Perlu ditelusuri lebih holistik guna mengetahui munculnya keadaan tersebut. Dalam sudut pandang psikiatri, guna menelusurinya, pasien diberikan semacam tes kepribadian yang sedikit banyak dapat memberikan kontribusi diagnosa serta kesimpulan keadaan. Tes kepribadian berlangsung dalam suatu sesi wawancara. Istilah umumnya, pasien diajak curhat.
Demikian juga dengan keadaan yang Anda kemukakan, coba ajak komunikasi istri Anda dengan santai. Tidak perlu menekan, atau menuntut. Buat situasi senyaman mungkin untuk istri Anda.
Salah satu pembawaan kecenderungan yang memicu hal tersebut adalah introvert. Dimana keadaan kecenderungan ini, karakter seseorang cenderung menutup diri. Sulit untuk terbuka. Acapkali keadaan ini dipicu oleh rendahnya tingkat kepercayaan diri seseorang.
Salah satu jalan keluarnya adalah menambah kesadaran kepercayaan dirinya. Cara yang paling sederhana adalah dengan memberikan pujian. Besarkan perasaannya dengan kata-kata lembut nan positif yang membangun. Jangan terlalu gombal dan terdengar seperti rayuan anak ABG. Lakukan dengan elegan disaat-saat yang tidak diduga.
Bagaimanapun istri Anda adalah seorang wanita. Terdapat keuntungan dalam mencari solusi inti persoalan situasi dirinya. Ajak dirinya terbuka untuk cerita kenapa terdapat kecenderungan seperti demikian. Jika masih suilit dilakukan, berarti usaha Anda untuk menyamankan dirinya belum optimal. Karena sependiam-pendiamnya seorang wanita, masih ada titik situasi dimana mereka gemar bercerita dan berbagi empati.
Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.
Terimakasih.
Redaksi http://klik-dr.tk/1aQ6GU5
-----
Untuk dapat berinteraksi dengan dokter seputar kesehatan, sahabat KlikDokter bisa menggunakan fitur 'Tanya Dokter' yang ada di website kami, Gratis! Caranya cukup klik > http://klik-dr.tk/10NV4Pt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog


Silahkan Menjadi Follower Dan Dapatkan Info Yang Bermanfaat