Rumah Lebih Baik, IQ Anak Lebih Tinggi

KOMPAS.com - Anak-anak yang tinggal di rumah yang terbuat dari semen atau batu bata memiliki IQ lebih tinggi daripada anak-anak yang tinggal di gubuk.

Penelitian terhadap 200 anak yang tinggal di rumah semen dan 173 anak yang tinggal di gubuk dengan usia antara 3-5 tahun di India ini sebenarnya bukan menunjuk pada rumah yang menjadi penyebab tingginya kecerdasan. Yang menjadi faktor utama adalah sikap orangtua dalam memperlakukan anak-anak mereka.

"Tinggal di rumah yang layak dan enak mempengaruhi semangat orangtua untuk memberikan pendidikan yang memadai, seperti misalnya menyekolahkan anak di pre-school dan memberi kesempatan belajar yang lebih,” tutur Dr. Jacob M. Puliyel dari RS St. Stephens di Delhi, India.

Sementara, para orangtua yang memiliki rumah belum layak cenderung lebih memprioritaskan usaha mereka untuk memperbaiki rumah dan taraf ekonomi daripada memperhatikan pendidikan anak-anak.

Karena itu, menurut Jacob, adalah tanggung jawab pemerintah untuk menyediakan perumahan yang layak dan memberi subsidi bagi kebutuhan dasar keluarga yang berada di bawah garis kemiskinan.

Selama kebutuhan dasar belum terpenuhi, banyak anak akan telantar dan tidak mendapat pendidikan yang layak. Jacob menambahkan bahwa kondisi seperti ini biasa terjadi di negara-negara berkembang, di mana pemerintah masih kesulitan memberi subsidi bagi bidang-bidang hidup lain selain perumahan dan pendidikan. Termasuk Indonesia? @abd



Editor: acandra

Sumber : www.gayahidupsehatonline.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog


Silahkan Menjadi Follower Dan Dapatkan Info Yang Bermanfaat